Warning: unlink(/tmp/2702945154028ae35bd071196b0edcf3-fOzzNt.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Pantai Batu Dinding Belinyu, Bangka

0 95

Pantai Batu Dinding Belinyu

Pantai Batu Dinding Belinyu merupakan salah satu kawasan pantai tersembunyi disekitar kecamatan Belinyu, sebuah kecamatan di bagian utara  kabupaten Bangka. Pantai ini memiliki daya tarik unik berupa batuan raksasa yang bentuknya seperti dinding di tepi pantai. Posisi pantai ini menghadap ke arah utara dan berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Pantai Batu Dinding terletak di desa Mantung, kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

  

Lokasi Pantai Batu Dinding berada disebelah Pelabuhan Mantung milik PT Timah atau kurang lebih sekitar 3 (tiga) kilometer dari Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu. Rute menuju ke pantai ini dari kota kecamatan Belinyu ke arah Pelabuha Mantung dengan petunjuk arah menuju Pelabuhan Tanjung Gudang. Sebelum memasuki Pelabuhan Tanjung Gudang ada jalan masuk ke kiri dan ikuti jalan tersebut hingga menemui villa kecil yang disebut sebagai Villa Batu Dinding. Akses jalan yang dilewati dapat dilalui hingga kendaraan roda empat atau semacam minibus. Kondisi villa tersebut saat ini belum selesai dibangun dan sepertinya dibangun secara bertahap. Keberadaan Villa Batu Dinding mengisyaratkan bahwa lahan disekitar termasuk kawasan Pantai Batu Dinding merupakan milik villa atau milik pribadi.

Saat ini pengunjung bebas memasuki kawasan Pantai Batu Dinding melalui villa tersebut. Namun bila pembangunan Villa Batu Dinding rampung dan mulai beroperasi, bisa saja pengunjung mendapat penarikan retribusi masuk dari pengelola villa tersebut. Di sekitar Villa Batu Dinding terdapat kebun buah-buahan yang merupakan bagian dari villa tersebut. Kondisinya terkelola dengan baik dan memperindah suasana sekitar villa dan pantai. Pada salah satu pagar kebun tersebut terdapat tulisan “Kebun Bebas Sampah” dan larangan berburu di sekitar Pantai Batu Dinding.

Pantai Batu Dinding memiliki keunikan berupa bongkahan batu raksasa setinggi 15 meter yang membentuk seperti dinding dengan guratan garis vertikal. Batu tersebut berwarna putih keabu-abuan dengan guratan lurus. Disekitar batu tersebut banyak ditemukan batuan yang ukurannya lebih kecil dengan jenis yang sama. Pendapat lain menyebutkan bahwa Pantai Batu Dinding disebut juga sebagai Pantai Batu Kodok.

Pantai Batu Dinding berada di dasar bukit tempat Villa Batu Dinding berdiri. Perjalanan menuju Pantai batu Dinding dilanjutkan dengan menyusuri jalan setapak menuju ke dasar bukit. Medan jalan setapak sudah cukup baik karena telah dibuatkan jalan khusus untuk memudahkan pengunjung.  Beberapa menit berselang akhirnya pengunjung tiba di dasar bukit yang merupakan kawasan Pantai Batu Dinding.

Pengunjung yang baru pertama kali datang ke Pantai Batu Dinding langsung terkagum-kagum dengan batu dinding berukuran raksasa tersebut. Sebagian diantaranya langsung mengabadikannya dengan kamera yang mereka bawa. Meskipun batuan jenis tersebut banyak ditemukan di sekitar Kepulauan Bangka Belitung, bentuk batuan seperti Batu Dinding sangat jarang ditemukan. Tidak heran bila wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara banyak yang penasaran dengan pantai ini.

Kawasan Pantai Batu Dinding tidak luas dan hanya berada di sekitar bongkahan batu raksasa saja. Selebihnya di sekitar dasar bukit langsung berhadapan dengan laut dalam. Pasir pantai sedikit sekali ditemukan di kawasan pantai ini karena kontur pantai berbatu dan curam. dapat disimpulkan bahwa daya tarik utama dan satu-satunya di Pantai Batu dinding adalah batu raksasa menyerupai dinding. Pengunjung hanya dapat memanjat hingga dasar dinding batu rakasasa dan tidak dapat naik ke atas batu yang paling tinggi karena posisinya vertikal dan tidak ada pijakan.

Secara keseluruhan Pantai Batu Dinding Belinyu cukup berpotensi menjadi salah satu wisata unggulan di wilayah Pulau Bangka bagian utara. Daya tarik wisata pantainya cukup unik dan jarang ditemukan di daerah lain. Hanya menunggu waktu, beberapa tahun kedepan mungkin pantai ini akan lebih tenar dibandingkan wisata pantai yang cukup populer disekitar Pelabuhan Tanjung Gudang yaitu Pantai Tanjung Putat.

Sebagai kawasan wisata yang berada di tanah milik pribadi, pengunjung diharapkan meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola atau petugas yang berjaga sebelum masuk ke area pantai. Selain itu pengunjung diharapkan menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencorat-coret batuan yang ada disekitar.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/pantai-batu-dinding-belinyu-bangka.html
Comments
Loading...