Pantai Batu Buaya, Gorontalo

0 27

Pantai Batu Buaya

Pantai Batu Buaya ini berada di Desa Kramat Kecamatan Mananggu, tak jauh dari lokasi gelaran festival pesona Boalemo di Kecamatan Botumoito. Kalau ditempuh dengan mobil, kira-kira bisa makan waktu sekitar 30 menit, dari pusat kota kabupaten. Nama Batu Buaya, tak asal disematkan, tapi warga percaya ada kisah legenda dibalik itu.

Konon dulu, di wilayah Mananggu ada sebuah kerajaan. Sang raja memiliki dua orang putra. Suatu hari, putra yang tertua mengajak adiknya untuk menyebrang ke salah satu pulau terdekat menggunakan perahu. Singkat cerita, saat hari sudah malam, keduanya pun tertidur di pulau. Tapi, sang kakak punya rencana lain. Melihat adiknya tertidur pulas, dirinya langsung pergi meninggalkan pulau membawa satu-satunya perahu yang ada.

Kendati berbalut cerita mistis, tapi tempat itu aman untuk dikunjungi. Apalagi bagi mereka yang suka bertualang. “Batu buaya ini memiliki kaitan erat dengan keberadaan Pulau Bitila. Ada rentetan cerita tentang kisah hidup buaya ini. Nah, lebih menariknya para wisatawan akan mendengar langsung ceritanya ketika mengunjungi kawasan pantai ini,” ungkap Romin Muslim, tokoh pemuda Desa Kramat.

Romin menambahkan, dalam rangka menyambut Festival Pesona Boalemo 2016 ini, pemerintah desa bersama warga masyarakat Desa Kramat melakukan penataan di kawasan pantai Batu Buaya. “Kami berharap, kawasan Pantai Batu Buaya ini menjadi kawasan destinasi unggulan di Boalemo, seperti Bolihutuo, Pulo Cinta, Pulau Idaman dan lain sebagainya,” sambungnya.

Source http://radargorontalo.com http://radargorontalo.com/batu-nenek-menangis-di-pantai-batu-buaya/
Comments
Loading...