Pantai Batu Bolong Canggu di Badung, Bali

0 164

Pantai Batu Bolong Canggu

Pantai Batu Bolong Canggu merupakan salah satu wisata alam yang berada di Pulau Bali jadi alternatif pantai cantik yang menyuguhkan pemandangan seperti Tanah Lot. Pantai Batu Bolong di Canggu ini pun mempunyai suasana yang sangat mirip. Mulai dari keberadaan batu karang besar dan pura yang terletak di atasnya. Para pengunjung biasanya banyak yang menghabiskan waktu di tempat ini pada saat sore hari.

Selain keberadaan pura yang unik di atas batu karang besar, ada fenomena unik lain yang ada di tempat ini. Fenomena unik tersebut adalah keberadaan tirtha pakuluh, yakni mata air tawar yang terdapat di batu karang berlubang tersebut. Air ini pun biasanya dipakai sebagai air suci yang digunakan untuk berbagai upacara keagamaan yang berlangsung di Pura Batu Bolong Canggu.

Di Pantai Batu Bolong Canggu ini, para traveler tidak hanya bisa menyaksikan keberadaan pura yang unik. Pantai ini juga mempunyai area landai yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Secara khusus, area pantai ini juga banyak digunakan untuk lokasi surfing. Ombak yang cukup tinggi pun menarik perhatian para pecinta olahraga selancar. Mereka yang datang ke tempat ini untuk berselancar utamanya adalah para bule.

Keindahan Pura Batu Bolong Canggu

Pura Batu Bolong menjadi ciri khas dari keberadaan Pantai Batu Bolong Canggu. Pura ini berdiri kokoh di atas batu karang besar yang ada di pinggir pantai. Pura ini pun dibangun sebagai lokasi untuk menyembah Ida Batara Segara. Setiap hari, masyarakat Hindu Bali pun datang melaksanakan ritual ibadahnya di tempat ini. Selain itu, Pura Batu Bolong Canggu ini merupakan lokasi untuk pesucian saat berlangsungnya upacara keagamaan. Berbagai ritual juga kerap dilaksanakan di Pura Batu Bolong. Di antaranya adalah upacara Melasti, Pekelem, Purnama Kapat serta Piodalan.

Lokasi Pantai Batu Bolong Canggu

Pantai ini terletak di kawasan Canggu yang masuk bagian dari wilayah Kecamatan Kuta Utara di Kabupaten Badung. Pantai ini terletak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Denpasar. Perjalanan dari Denpasar menuju ke Pantai Batu Bolong ini pun tak kurang dari 25 menit. Perjalanan ke tempat ini akan lebih mudah jika dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun rental.

Akses Menuju Pantai Batu Bolong Canggu

Untuk menuju ke tempat ini, traveler juga bisa melakukan perjalanan dengan cukup mudah. Para wisatawan pun tinggal langsung menuju ke daerah Canggu di Kuta Utara. Kondisi jalanan di Canggu kini telah disulap untuk kenyamanan para wisatawan. Jalanan menuju ke Pantai Batu Bolong sudah dalam kondisi teraspal. Jadi tidak perlu khawatir kalau ingin ke sana. Untuk ke Pantai Batu Bolong, para wisatawan akan melintasi area persawahan milik warga. Di kiri kanan, Anda akan menjumpai keberadaan sawah-sawah yang hijau dengan diselingi oleh keberadaan villa. Setelah berjalan kurang lebih 2,5 kilometer melintasi jalan desa, maka traveler pun akan sampai di Pantai Batu Bolong Canggu.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/pantai-batu-bolong-canggu-00265.html
Comments
Loading...