Pantai Batakan : Wisata Pantai dengan Perbukitan yang Indah di Kalimantan Selatan

0 41

Pantai Batakan

Pantai Batakan yang berada Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut. Pantai yang berada di sebelah timur Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin, berjarak sekitar 125 km. Jalanan dari Banjarmasin menuju Pantai Batakan bisa dibilang cukup bagus. Sehingga memudahkan pengunjung yang datang melalui jalur darat. Meskipun banyak juga wisata pantai yang indah lainnya, tapi pesona dari wisata Pantai Batakan ini tidak akan kalah dari wisata pantai lainnya.

Untuk mencapai lokasi Pantai Batakan, dari Kota Banjarmasin relatif mudah karena kondisi jalannya cukup baik ,berkelak-kelok dan turun-naik serta menyajikan pemandangan alam yang indah berupa barisan perbukitan yang menghijau, hamparan persawahan yang menguning, serta perkampungan nelayan yang berada di tepi pantai. Sebelah timurnya terdapat perbukitan pinus yang menjadi bagian dari Pegunungan Meratus.

Tidak jauh sebelum gapura yang menandai pintu masuk kedalam Pantai Batakan, terdapat sebuah tugu yang terletak ditengah jalan. Tugu ini membelah jalan menuju Pantai Batakan menjadi dua. Sementara gapura itu sendiri nampak tidak terawat dan dibiarkan kosong tanpa penjaga. Ada pos lagi ketika sudah masuk melewati gapura. Pos ini nampak lebih terawat dan juga dijadikan sebagai tempat untuk membayar tiket masuk Pantai Batakan.

Ketika baru memasuki areal Pantai Batakan akan nampak banyak pohon cemara dikanan dan kiri jalan. Ternyata pohon cemara ini tidak hanya ada di sekitar jalanan dekat pintu masuk saja. Sepanjang Pantai Batakan juga dipenuhi dengan pepohonan cemara yang menjulang tinggi dan tumbuh dengan rapatnya. Tidak terlihat adanya pohon kelapa yang biasanya tumbuh di areal pantai. Namun sesekali anda bisa menemukan ada buah kelapa yang terseret ombak menuju ke bibir pantai. Menandakan adanya pohon kelapa disuatu tempat di Pantai Batakan.

Berjalan kaki dengan kaki telanjang di Pantai Batakan bisa terasa menyenangkan, namun ada juga cara lain yang bisa dibilang tidak kalah menyenangkannya. Coba saja dengan cara menunggang kuda untuk berkeliling pantai. Di Pantai Batakan ada yang menyewakan kuda yang bisa disewa oleh para pengunjung. Jangan khawatir, kuda ini bukanlah kuda pacuan yang punggungnya berjarak sangat tinggi dari tanah. Kuda yang digunakan di Pantai Batakanmempunyai tubuh yang kecil. Tinggi punggungnya berada diantara pinggul dan dada orang dewasa.

Selain itu kuda ini tidak bisa berlari dengan cepat. Lagipula lebih menyenangkan menaiki kuda ini dengan santai dan tidak tergesa-gesa sambil menikmati keindahan panorama alam Pantai Batakan. Karena ukuran tubuhnya dan kecepatannya, maka kuda ini jadi lebih mirip dengan keledai yang memang berukuran kecil dan tidak bisa berlari dengan cepat. Selain menunggang kuda langsung dengan menaiki punggungnya, di Pantai Batakan disediakan juga delman.

Sehingga apabila ada yang tidak terlalu berani mengendalikan kuda secara sendiri, bisa diantarkan berkeliling pantai dipandu oleh seorang kusir. Tinggal duduk santai di jok belakang delman dan cobalah bersantai menikmati pengalaman naik delman yang ditarik oleh kuda mengelilingi Pantai Batakan. Delman yang terbuat dari kayu dengan sepasang roda yang sepertinya diambil dari onderdil kendaraan bermotor, bisa dinaiki oleh beberapa orang sekaligus.

Jadi akan menyenangkan rasanya bila bersama teman menyusuri Pantai Bantakan dengan delman. Apalagi delman ini dilengkapi dengan atap, sehingga bisa mengurangi teriknya sinar matahari yang menyengat kulit. Di lepas Pantai Batakan dapat kita jumpai Pulau Datu yang merupakan obyek wisata ziarah makam.Berkunjung ke Pulau Datu yang letaknya tidak berapa jauh di depan Pantai Batakan. Di pulau ini terdapat sebuah obyek wisata religius yaitu makam Datu Pamulutan.

Jadi sembari anda berwisata disana anda juga bisa berziarah dengan mendoakan si ahli kubur agar bisa diampuni segala dosa dosanya. Fasilitas yang dibangun di Pantai Batakan bisa dibilang mencukupi. Kamar mandi dengan air tawar sudah tersedia untuk membilas tubuh setelah puas bermain di laut. Panggung hiburan yang menyajikan penampilan para penyanyi untuk menghibur pengunjung. Daerah bermain untuk anak-anak.

Tempat parkir yang luas dan sanggup menampung ratusan kendaraan bermotor. Restoran untuk pengunjung yang ingin menikmati hidangan makanan ketika berkujung ke Pantai Batakan. Hingga fasilitas tempat ibadah berupa masjid. Semua ini diberikan agar pengunjung Pantai Batakan menjadi lebih nyaman berekreasi bersama keluarga.

Pantai Batakan adalah tempat diadakannya ritual nelayan yang biasanya diadakan pada bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya. Ritual ini dilakukan oleh para nelayan sebagai bentuk terima kasih atas rezeki dari laut yang telah diperoleh sepanjang tahun. Selain itu dalam ritual, para nelayan juga mengharapkan agar mendapatkan keselamatan ketika sedang melaut. Tradisi ritual yang dilakukan para nelayan, menambah keunikan dari Pantai Batakan. Hanya saja untuk melihat ritual ini anda terlebih dahulu harus melakukan konfirmasi kapan tepatnya ritual akan dilaksanakan. Agar ketika datang waktunya bisa berdekatan dengan pelaksanaan ritual di Pantai Batakan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/pantai-batakan-wisata-pantai-dengan-perbukitan-yang-indah-di-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...