Pantai Bandengan Jepara

0 51

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan merupakan salah satu tempat wisata di Jepara. Pantai Bandengan ini Terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Jepara. Hanya sekitar 7 km saja. Sehingga, pantai ini menjadi tempat wisata favorite warga Jepara dan sekitarnya.

Pantai Bandengan ini selalu ramai apalagi saat liburan mendatang. Pantai Bandengan ini memiliki bibir pantai yang sangat landai dengan ombak yang cenderung tenang. Anak-anak pun bisa bermain air dan bisa berenang di pantai dengan pengawasan orang tuanya.

Sejarah Pantai Bandengan Jepara

Zaman dahulu, pengelolaan pantai ini masih dipegang oleh warga setempat. Namun, setelah diambil alih oleh pemerintah kota Jepara, pengembangan kawasan wisata ini menjadi semakin masif dan berkembang. Di sekitar Pantai Bandengan ini terdapat banyak sekali wahana bermain yang bisa dicoba pengunjung,  seperti wanana boat, jet ski dan  ATV.

Kemungkin belum banyak yang tahu bahwa nama asli dari pantai ini adalah Pantai Tirto Samudro atau sering disebut Pantai Klein Scheveningen. Ada sebuah cerita yang melatar belakangi nama “Bandengan”. Pada Zaman dahulu Amir Hasan, putra dari Sunan Muria diperintahkan untuk memperdalam dan mengembangkan ajaran Islam di pulau Karimunjawa. Setibanya di Pantai Tirto Samudro ia melihat banyak sekali ikan bandeng sehingga daerah ini dinamakan Pantai Bandengan. Pantai Bandengan juga sering di jadikan venue untuk event-event tertentu. Kegiatan rutin adalah festival layang-layang. Pantai Bandengan ini merupakan salah satu dari deretan pantai utara yang ada di Pulau Jawa.

Source wisata jepara
Comments
Loading...