Pantai Ai Manis di Sumbawa

0 90

Pantai Ai Manis yang memiliki pemandangan tak kalah menawan.Ai Manis sangat cocok untuk para wisatawan yang suka berpetualang. Disinilah Anda bisa camping snorkeling dan diving sepuasnya. Pemandangan bawah laut sangat mempesona. Terumbu karang dan tropical fish hidup dengan alam yang masih terjaga kelestariannya. Terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran yang unik bisa dengan mudah kita temukan. Jika beruntung, hiu kecil akan menghampiri Anda. Biota seperti crustacea, anemon, sponge, belut dan lainnya senantiasa menemani saat kita snorkeling. Itu mengapa pantai Ai Manis menjadi tujuan snorkeling dan diving yang disukai banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

  

Di kawasan ini juga terdapat hutan tropis. Susur hutan atau hiking adalah pengalaman yang sangat seru untuk dicoba. Pepohonan rindang dengan udara yang sangat bersih adalah kelebihan Ai Manis yang barangkali tidak pernah kita dapatkan di daerah perkotaan. Selain keindahan alamnya, flora dan fauna yang jarang kita lihat akan menjadi pemandangan yang lazim. Anda akan dengan mudah bertemu dengan rusa, sapi luar, babi hutan, burung koakkao, kakatua dan burung gosong yang dilindungi. Tak jauh dari Ai Manis terdapat gua yang didiami ratusan kelelawar. Ai Manis letaknya berdekatan dengan Tanjung Pasir. Dari Tanjung Pasir, titik ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal motor nelayan dengan waktu tempuh selama 20 menit.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Pantai Kencana, Ai Manis dicapai dalam waktu 1 jam. Alternatif lainnya adalah berangkat menuju Ai Manis dari Ai Bira dengan mengendarai speed boat selama 30 menit. Tips untuk berlibur di Ai Manis adalah patuhilah instruksi yang diberikan para pemilik kapal motor. Duduklah di bagian tengah kapal dan jangan berpindah-pindah tempat duduk sepala penyeberangan. Jika Anda membawa anak-anak perhatikan mereka agar selalu dalam posisi yang aman. Jika ingin berhemat, bawalah tenda untuk bermalam di pantai ini. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman dalam jumlah yang cukup. Cuaca Pantai Ai Manis cukup panas sehingga Anda harus mempersiapkan tabir surya atau sunblock untuk menghalau sinar matahari. Yang terakhir, buanglah sampah pada tempatnya agar kelestarian dan kebersihan pantai ini terus terjaga.

Source http://lombok.panduanwisata.id http://lombok.panduanwisata.id/beyond-lombok/liburan-seru-di-pantai-ai-manis-pulau-moyo/
Comments
Loading...