Panorama Wisata Kelok 16 Sawahlunto

0 23

Dahulunya Kelok 16 me­rupakan salah satu lokasi wisata yang dimiliki kota ini. Dari Panorama tersebut pe­ngunjung dapat menikmati keindahan salah satu sudut kota tua Sawahlunto dari arah utara. Sebelum Kota Sawahlunto mengembangkan diri menjadi kota wisata tambang yang berbudaya, di tahun 90-an orang mengenal destinasi wisata Sawahlunto Panorama Kayu Gadang dan Kelok 16, tapi sayang semenjak di­kem­bangkannya objek dan tempat wisata lainnya, kedua prima­dona wisata terdahulu ini menjadi terlupakan bahkan terkesan dibiarkan saja.

Pada­hal pesona alam yang ditam­pilkannya tidak kalah dengan objek wisata yang ada seperti sekarang ini. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sa­wahlunto Efriyanto kepada Haluan menyebutkan, tahun ini pihaknya kembali menata ulang kawasan panorama ke­lok 16, untuk diaktifkan kem­bali melengkapi koleksi pa­norama wisata alam kota ini. “Kelok 16 ini memang beberapa tahun belakang sedikit terlupakan, karena uporia perkembangan pesat wisata Sawahlunto melalui berbagai objek wisata baru, seperti Taman Satwa Kandi, Waterboom Muarokalaban, Desa wisata Rantih, Puncak Cemara dan objek wisata lainnya,” ungkap Efriyanto.

Namun sebutnya, pi­hak­nya akan kembali melakukan penataan ulang lokasi-lokasi wisata yang selama ini belum tersentuh atau sedikit terlu­pakan, selain itu pihaknya juga akan berupaya mencari objek objek wisata alam lain­nya, yang berkemungkinan belum terekspos keluar, atau yang selama ini hanya dike­tahui oleh sebagian kecil masyarakat saja. Di tahun ini tambah Efri­yanto, kawasan wisata puncak cemara juga akan dilakukan penambahan wahana per­mainannya, seperti arena out bond.

Sehingga lokasi wisata yang berada di wilayah Sa­ringan itu tidak sekedar menjual panorama keindahan alam kota kua Sawahlunto tapi juga mampu menarik wisatawan pencinta olahraga out bond untuk mengun­jungi­nya. “Harapan terbesar, mela­lui upaya penataan kembali kawasan wisata seperti kelok 16 ini, akan semakin meleng­kapi wisata alam yang ada di kota ini, selain itu lokasi tersebut juga bisa me­ngem­balikan memori lama para pengunjung yang pernah da­tang kesana, untuk kembali mengunjunginya,” harap­nya.

Source https://www.harianhaluan.com https://www.harianhaluan.com/news/detail/48714/panorama-wisata-kelok-16-kembali-ditata
Comments
Loading...