Panorama Puncak Ampangan, Lukisan Alam Nan Indah di Kaki Gunung Sago

0 94

Puncak Ampangan

Keindahan panorama alam banyak tersaji di sekitar kota terbesar ketiga di Provinsi Sumatera Barat ini. Salah satu diantaranya adalah Panorama Ampangan yang terletak di Kenagarian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Payakumbuh Selatan, Sumatera Barat.

Dikelilingi suasana alam yang hijau nan asri, objek yang berada di kaki Gunung Sago ini menjadi pelarian yang tepat dari segala kepenatan rutinitas sehari-hari masyarakat perkotaan. Kawasan wisata ini sebenarnya hanyalah sebuah lapangan biasa yang berada tepat di Puncak Bukit Ampangan. Akan tetapi, posisinya yang berada di ketinggian sekitar 650 mdpl membuat lapangan ini memiliki pemandangan yang istimewa.

 

Ketinggian tersebut memberi rentang pandangan yang cukup luas ke daerah dataran rendah yang berada di sekitarnya, khususnya wilayah di sebelah utara yang tak lain adalah pusat Kota Payakumbuh. Tidak mengherankan, jika hal ini membuat Puncak Ampangan menjadi salah satu tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Kota Payakumbuh.

Posisinya yang strategis membuat puncak ini  menyimpan kisah historis yang luar biasa. Disebutkan, kawasan ini dahulu memiliki peran vital dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI, khususnya pada periode agresi militer Belanda II (1948-1949). Di masa itu, pemerintahan RI dialihkan sementara ke Bukittinggi di bawah kepemimpinan Sjafruddin Prawiranegara.

Pada masa itu, daerah di selatan Payakumbuh menjadi salah satu pusat pertahanan bagi kekuatan militer Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Selain menikmati pemandangan, Puncak Ampangan juga menjadi tempat yang cocok untuk berbagai aktivitas rekreasi alam. Jalan aspal yang menanjak dan berkelok-kelok menjadi tempat yang cocok untuk bersepeda gunung atau trekking.

Bagi mereka yang tenaganya sedikit terbatas, ada rute alternatif melalui jalan setapak bertangga dengan jarak yang lebih singkat. Bagi mereka yang menginginkan sensasi petualangan alam terbuka yang lebih menantang, di Puncak Ampangan, pengunjung dapat mencoba mendirikan tenda dan bermalam sambil menikmati pemandangan Kota Payakumbuh yang dihiasi kelap-kelip lampu di waktu malam.

Source https://www.indonesiakaya.com https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/panorama-puncak-ampangan-lukisan-alam-nan-indah-di-kaki-gunung-sago
Comments
Loading...