Pa Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage Batam

0 125

Pa Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage

Pa-Auk Tawya Vipassanā Dhura Hermitage, mungkin banyak dari orang Batam merasa asing dengan nama ini.

Pa-Auk Tawya ini merupakan sebuah tempat ibadah berupa vihara yang digunakan oleh para Biksu untuk bermeditasi, letak Pa-Auk Tawya  jauh dari keramaian. Untuk menuju tempat ini jalan yang akan di lalui belum bagus. Jika ingin berkunjung ke vihara ini, kita bisa melihat petunjuk jalan yang terletak di sebelah kanan jalan dari arah jembatam 4 Barelang.

    

Plang nama yang ada di sisi kanan jalan tidak terlalu besar, bertuliskan Pa-auk Tawya, di belakang plank nama ada sebuah bangunan berbentuk vihara mini yang belum selesai di bangun. Dari plank nama ini terdapat jalan tanah memerah, ikuti saja jalan berbatu ini, jalannya memang sedikit ekstrim, jika hari hujan atau tanahnya dalam keadaan becek, sangat tidak disarankan untuk mengunjugi tempat ini, karena jalan menuju vihara ini cukup curam. Mungkin kedepannya akan di perbaiki menjadi lebih baik.

Dari kejauhan sudah terlihat vihara bercat hijau ini dari ketinggian, Kompleks Pa-Auk Tawya ini lumayan besar. Begitu menjejakkan kaki, yang menyambutkita adalah ratusan tangga yang akan membawa kita ke bangunan utama, untung saja jarak dari anak tangga ke anak tangga lainnya tidak tinggi, jadi walaupun harus menaiki kurang lebih 208 anak tangga tidak terasa begitu berat. Yang unik dari anak tangga yang ada di sini, setiap anak tangganya di sisi kiri dan kanan berukiran bunga yang cukup besar, dan setiap bunganya tidak sama persis, terlihat sekali jika ukiran dari gambarnya di tulis dengan tangan atau secara manual.

Begitu sampai di atas, bangunan utama berupa bangunan berbentuk persegi dan atap yang beringkat tiga terlihat, mungkin jika tidak melihat simbol di atas atapnya, kita bisa melihat kemiripan bangunan ini dengan masjid.

Disekitar bangunan utama kita bisa melihat pemandangan dari ketinggian, bahkan juga bisa melihat laut. Disalah satu sudut dari taman yanga ada di komleks Pa-Auk Tawya ini juga terdapat patung.

Source https://wonderfulbatam.wordpress.com https://wonderfulbatam.wordpress.com/2018/04/11/pa-auk-tawya-vipassana-dhura-hermitage-batam/https://wonderfulbatam.wordpress.com/2018/04/11/pa-auk-tawya-vipassana-dhura-hermitage-batam/
Comments
Loading...