Obyek Wisata Watu Ireng Desa Lambur Kandangserang

0 152

Bukit Watu Ireng

Bukit Watu Ireng (batu hitam) merupakan salah satu wisata alam yangterletak di desa Lambur, Kandang Serang. Sebuah daerah perbukitan lereng Rogojembangan. Daerah ini terletak sekitar 20 Kilometer dari Kajen—ibu kota Kabupaten Pekalongan. Bukit Watu ireng ini lumayan luas, kira-kira sekitar 2 hektar lebih, dan ketinggiannya memungkinkan hamparan perkebunan dan hutan hijau Pekalongan bagian selatan akan terlihat jelas oleh pandangan mata. Watu ireng juga dikatakan sebagai batu monolit. Monolit ialah batu tunggal yang berukuran besar. Seperti batu monolith lainnya, bukit seluas dua hektar ini terdiri dari batu tunggal yang padat, batunya berwarna hitam dan sangat keras. Dan yang menarik di beberapa bagian atas bukit batu, ada tanah yang ditumbuhi rerumputan dan semak belukar yang ketika dihentak kaki, tanah tersebut berbunyi dung-dung seperti bunyi Gong.

Sejarah Bukit Watu Ireng

Watu Ireng menjadi fenomena alam yang misterius, ada beberapa cerita rakyat dari masyarakat sekitar berkaitan dengan bukit ini. Salah satunya menceritakan tentang Gua dengan mulut (pintu) nya yang sangat sempit yang terdapat di bagian atas puncak bukit Watu Ireng. Konon menurut cerita masyarakat sekitar, Gua ini menghubungkan sampai ke bagian dalam bawah (dasar) bukit  batu ini, dan didalam gua ini tersimpan satu set gamelan dan beberapa gaman. Namun, konon hanya orang-orang tertentu (yang Di ridhoi) yang bisa masuk kedalam gua ini. Dikatakan pula, gua ini dulu menjadi tempat persembunyian para pejuang dalam melawan penjajah. Pada hari dan malam-malam tertentu, biasanya ada beberapa orang yang bersemedi atau bertapa di bukit Watu ireng ini.

Akses Menuju Bukit Watu Ireng

Akses jalan untuk menuju bukit Watu Ireng ini sudah lumayan bagus, anda akan melewati jalan yang disamping kanan dan kirinya terhampar persawahan yang hijau, kerindangan hutan Pinus dan perkampungan warga yang ramah. Pada tahun 2014 ini, pemerintah Kabupaten Pekalongan menyokong anggaran dana untuk merevitalisasi objek ini menjadi tujuan wisata andalan Kabupaten Pekalongan. Bagi anda yang berminat untuk mengunjungi bukit ini, kami sarankan untuk menyiapkan fisik, batin, pikiran, dan pastinya Kamera untuk mengabadikan moment anda dibukit tersebut.

Source wisata warta lembur
Comments
Loading...