Obyek Wisata Waduk Mrica Banjarnegara di Jawa Tengah

0 395

Waduk Mrica

Waduk Mrica atau di kenal juga sebagai Bendungan Panglima Besar Jendral Soedirman, terletak sekitar 9 km barat kota Banjarnegara, Jawa Tengah. Waduk Mrica sejatinya di fungsikan sebagai sarana pembangkit listrik tenaga air yang melayani area Jawa dan Bali. Listrik yang dihasilkan dari waduk ini mencapai 184,5 MW.

Waduk Mrica merupakan waduk buatan dengan membendung sungai Serayu yang melintasi wilayah Banjarnegara. Bendungan Waduk Mrica mempunyai panjang 6,5 Km dan luas 1.250 Ha, menjadikannya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara. Bendungan sebesar ini dihasilkan dengan menenggelamkan 32 desa di 7 kecamatan yang ada disekitar aliran sungai Serayu Banjarnegara.

Waduk Mrica yang penggunaannya diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1989 ini, tidak hanya berfungsi sebagai PLTA, tetapi lebih luas lagi untuk kemanfaatan para petani sebagai sarana menstabilkan aliran air irigasi menuju sawah-sawah yang terbentang di wilayah Banjarnegara.

Lokasi Waduk Mrica

Lokasi Waduk Mrica terletak di kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah. Tepatnya, sekitar 9 km arah barat dari pusat kota Banjarnegara dan berada di pinggir jalan raya Banjarnegara – Purwokerto. Dari jalan raya sedikit masuk kedalam, ditandai dengan gapura wisata menuju waduk Mrica.

Fasilitas Waduk Mrica

Objek wisata Waduk Mrica memiliki bermacam – macam fasilitas yang sangat menarik diantaranya yaitu Olahraga dayung sampan, perahu montor, tempat memancing, tempat bermain anak, padang golf dengan delapan hole serta sebuah panggung terbuka yang biasanya dipakai untuk pelaksanaan even atau hiburan yang ada di lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Waduk Mrica

Biaya tiket masuk di lokasi objek wisata Waduk Mrica tergolong sangatlah murah, yaitu sekitar Rp. 2.000,- per-orang. Sangatlah cocok dengan isi kantong Anda bukan? Untuk itu lokasi objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang merakyat. Sangat disayangkan jika Anda berkunjung di Kabupaten Banjarnegara tidak mampir di lokasi objek wisata Waduk Mrica. Demikian yang dapat kami sampaikan selamat berlibur.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...