Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri

0 84

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur adalah salah satu destinasi wisata dari Kabupaten Wonogiri. Terletak sekitar 6 km dari pusat kota,area tersebut memiliki luas kurang lebih 8800 ha .Dibangun pada akhir 1970an dan mulai beroperasi pada 1978.  Banyak sekali manfaat dari pembangunan waduk tersebut antara lain sebagai irigasi,pengendali banjir,budi daya perikanan, pemasok air minum PDAM , sumber energi PLTA dan tentunya kawasan wisata.

Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur mulai dikembangkan seiring dengan diresmikannya pengoperasian nya pada tahun 1980-an. Terletak di sisi barat waduk,di tepi jalan raya Wonogiri-Wuryantoro. Panorama yang ditawarkan sungguh sangat ciamik,perpaduan antara hamparan air yang dikelilingi oleh perbukitan Pegunungan Seribu. Untuk bisa sampai di lokasi kita bisa menggunakan berbagai moda transportasi, seperti bus antar kota,minibus,angkutan kota, dll.

Di Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur terdapat berbagai macam fasilitas rekreasi antara lain: taman satwa, wisata perahu, waterboom , area bermain anak, naik gajah , kereta kelinci , panggung hiburan, taman tombo galau, lapangan pendaratan gantole dll. Disamping itu berbagai macam atraksi wisata banyak ditawarkan antara lain live music dari berbagai jenis musik,jamasan pusaka, ruwatan massal, gebyar syawalan dan kejurnas paralayang/gantole. Tiket harga masuk nya pun tergolong masih ramah di kantong yakni Rp 5.100,-/ orang di hari biasa   dan Rp 7.600,- /orang di hari libur.

Berbagai sajian kuliner pun siap dinikmati, berbagai menu olahan ikan hasil budi daya di sekitar waduk tentunya menjadi andalan. Nila bakar,nila goreng, botok nila, botok jambal , udang goreng siap memanjakan lidah. Menikmati sajian kuliner istimewa dipadu dengan panorama alam yang indah tentu akan menjadi sebuah kenangan istimewa. Jika ingin bermalam disana jangan khawatir,banyak sekali penginapan di sekitar Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur. Harga nya pun juga relatif  terjangkau. Bagaimana tertarik untuk menikmati kolaborasi antara wisata perairan dan wisata pegunungan ?. Segera datang ke Kawasan Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Source https://www.harianwonogiri.com https://www.harianwonogiri.com/2016/07/10/mengenal-kawasan-wisata-waduk-gajah-mungkur/
Comments
Loading...