Obyek Wisata Waduk Cengklik di Ngargorejo Boyolali

0 128

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Boyolali. Waduk ini terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Atau sekitar 20 kilometer ke arah Timur dari Kota Boyolali. Terletak dekat dengan Bandara Internasional Adi Sumarmo dan Asrama Haji Donohudan Boyolali. Sebuah wisata air yang menawarkan keindahan waduk dengan pulau-pulau kecil ditengahnya, wisata kuliner air tawar,  dan berkeliling waduk dengan perahu motor.

Secara fungsi, Waduk Cengklik digunakan sebagai tempat penampungan air sekaligus sumber air yang menyuplai sawah dan kebutuhan masyarakat sekitar. Disini pengunjung bisa menikmati pesona sapuan keemasan matahari saat sore hari dan juga lanskap Gunung Merapi dan Merbabu juga terlihat jelas dari waduk ini.

Keindahan Waduk Cengklik

Sesampainya di waduk, para wisatawan langsung disuguhi kesejukan suasana di sekitarnya. Duduk santai di pinggiran waduk sambil memandangi air waduk, pulau-pulau kecil, dan tanaman enceng gondok merupakan sesuatu yang menambah keindahan pesona alam sekitar. Pada saat musim penghujan, air waduk begitu melimpah sehingga mampu mengairi persawahan di sekitarnya dan bisa untuk budidaya pembenihan ikan.

Saat pagi dan sore, tak sedikit traveler yang datang untuk mengabadikan indahnya sunrise dan sunset yang mempesona. Sedangkan di siang hari, dapat dengan mudah dijumpai aktivitas warga yang asyik memancing hingga menghabiskan waktu di tepi Waduk. Tempat ini juga asyik untuk bersantai karena suasananya yang tenang. Tak luput juga serombongan keluarga yang sengaja datang untuk menikmatinya. Entah hanya duduk-duduk santai saja atau berkeliling perairan Waduk dengan perahu tempel. Beberapa pengelola wisata membuat aktifitas rekreasi olahraga menarik seperti jetski yang banyak disukai oleh remaja dan anak muda.

Aksesbilitas Waduk Cengklik

Menikmati keindahan waduk cengklik memang sangat nyaman jika kita bisa menikmatinya dengan naik perahu motor dan melaju ke tengah-tengah waduk. Karena ketika kita sampai ditengah kita akan disambut oleh banyak sekali ikan yang siap diberi makan. Ikan-ikan itu adalah milik mereka yang memiliki keramba disana.

Untuk pengunjung yang ingin mengelilingi Waduk Cengklik, bisa menyewa perahu motor yang disediakan oleh pengelola wisata. Cukup dengan Rp 40.000 untuk sekali jalan. Perahu ini cukup untuk menampung 8 orang. Berkeliling waduk ini biasanya selama 20 menit. Apabila sudah lelah, pengunjung bisa beristirahat di bawah pohon yang rindang di pinggir Waduk. Tak lupa terdapat kuliner disekitaran kawasan ini yang menanti untuk di jelajahi.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...