Obyek Wisata Waduk Cacaban Tegal Jawa Tengah

0 232

Waduk  Cacaban 

Waduk  Cacaban merupakan salah satu wisata alam yang bearada di  Penujah, Kedung Banteng, Tegal, Jawa Tengah 52472. Waduk ini mampu menampung 63 juta meter kubik air itu proses pembangunannya memakan waktu sekitar 6 tahun. Pengerjaannya waduk tersebut selesai tepat pada 19 Mei 1958. Bung Karno yang meletakan batu pertama pembangunan pun rencananya akan mendatangi peresmian Waduk Cacaban, namun karena ada kegiatan mendesak lainnya, peresmian dilakukan oleh bawahannya,  yaitu Mr Sartono.

Asal Mula Nama Waduk Cacaban

Pada tahun 1952, Presiden Soekarno pernah mendatangi salah sebuah pelosok, di Tegal, Jawa Tengah. Di tempat tersebut beliau membangun sebuah waduk yang diberi nama Waduk Cacaban. Peletakan batu pertama di waduk tersebut dilakukan oleh Bung Karno yang datang ke lokasi tersebut sembari menggenggam Tongkat Sapu Jagad. Ternyata, nama Cacaban merupakan nama pemberian dari Bung Karno.

 

Keindahan Waduk Cacaban

Pada awalnya pembangunan Tirta Waduk Cacaban ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air untuk irigasi persawahan di Kabupaten Tegal. Namun karena pemandangan sekitar waduk yang sangat indah dan mempesona, maka banyak warga sekitar yang berdatangan untuk menikmati keindahan Waduk Tirta Waduk Cacaban ini dan kemudian dijadikan sebagai tempat wisata.
waduk cacaban.

Fasilitas Waduk  Cacaban 

Fasilitas penunjang lainnya yang ada di Waduk Cacaban antara lain : Mushala, Toilet umum, Area parkir Bumi perkemahan, Tempat bermain anak-anak (play ground) panggung hiburan Kapal wisata Warung apung Road race, Hotel bintang melati Rumah makan. Arena pemancingan yang luas Waking track di atas waduk. Bahkan saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Tegal sedang merintis agrowisata dengan menanami tanaman buah-buahan di sekitar waduk.

Akses Menuju Waduk Cacaban

Lokasi tempat rekreasi waduk cacaban berada di tempat yang mudah dijangkau baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Waduk Cacaban bisa ditempuh dengan dua jalur, pertama dari Kota Tegal dengan jalur melalui Kramat – Pangkah – Waduk Cacaban kurang lebih 20 km. Yang kedua dari Kota Slawi-Pangkah – Waduk Cacaban kurang lebih 9 km.

Source wisata panturapos.com
Comments
Loading...