Obyek Wisata Waduk Bade Boyolali Jawa Tengah

0 188

Waduk Bade

Waduk Bade merupakan salah satu tempat wisata waduk yang ada di Boyolali. Waduk ini sudah dikenal oleh para pemancing mania sebagai spot strategis untuk memancing ikan-ikan berukuran besar. Seringkali pemancing bisa memperoleh ikan-ikan berukuran besar seperti ikan nila, ikan mas, ikan tombro, ikan tawes, dll. Selain sebagai tempat surganya para pemancing, juga sebagai mata pencaharian nelayan yang mencari ikan di waduk. Tak luput juga sebagai destinasi wisata air karena memiliki lanskap alam yang indah, area pemancingan, area perlombaan burung, dan wisata kuliner khas Boyolali.

Sejarah Waduk Bade

Waduk Bade terletak di Desa bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali ini diresmikan oleh Presiden RI ke-2 H.M Soeharto pada tanggal 18 Mei 1991. Tujuan dibangunnya waduk ini yaitu untuk menampung air dari sungai-sungai di sekitarnya, lalu didistribusikan airnya kembali ke lahan pertanian di sekitarnya dengan jangkauan lebih luas. Waduk Bade memiliki luas sekitar 97,5 hektar, dengan luas genangan air bisa mencapai 68,5 hektar. Saat puncak musim hujan mampu menampung air sampai 2,7 meter kubik dengan kedalaman air mencapai 8 meter. Pada saat musim kemarau hanya tersisa 10% saja dengan kedalaman air hanya 1,5 meter saja.

Akses Menuju Waduk Bade

Untuk menuju Waduk Bade jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Boyolali. Untuk menuju lokasi waduk bisa memakai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari arah barat wilayah Boyolali bisa memakai angkutan umum rute Karanggede Gemolong yang jaraknya kurang lebih 10 km dari Kecamatan Karanggedhe. Bila dari arah timur wilayah Boyolali, setelah melewati pertigaan perlintasan kereta api Desa Gemolong berjarak sekitar 15 kmPotensi yang besar sebagai destinasi wisata alam, Waduk Bade perlu banyak berbenah diri. Usulan sebagai tujuan wisata Boyolali sudah di sampaikan oleh warga kepada pemerintah. Sayangnya, usulan ini belum ditanggapi serius oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali. Sampai hari ini, pemerintah baru bisa membangun sejumlah pos di beberapa titik sebagai tempat pembayaran atau retribusi pengunjung.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...