Obyek Wisata Umbul Tirtomulyo Sawit Boyolali Jawa Tengah

0 608

Umbul Tirtomulyo

Umbul Tirtomulyo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Boyolali. Umbul Tritomulyo adalah peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tepatnya Pakubuwono X (sama dengan Umbul Pengging) . Nama Umbul artinya “sumber”, tirto berarti “air”, dan mulyo adalah “mulia”. Kurang lebih kalau diartikan “sumber mata air mulia”. Suasana di sumber air inipun terasa segar, adem, dan rindang. Corak arsitektur bangunan disini sangat klasik, kental dengan konsep kerajaan Jawa kuno.

Sejarah Umbul Tirtomulyo

Umbul ini juga disebut Umbul Muncar, karena mata airnya yang memancar/ menyembur ke atas yang terletak tepat di tengah kolam. Dan terdapat kepercayaan bagi siapa yang mandi di Umbul ini akan awet muda. Kedalaman umbul ini pun hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Lokasi Umbul Tirtomulyo

Umbul Tritomulyo ini terletak di Desa Kemasan kecamatan Sawit ,Boyolali (tepat di depan kantor kecamatan Sawit). Umbul/mata Air ini digunakan warga sekitar untuk keperluan sehari hari, wisata dan irigasi/mengairi areal persawahan.  Umbul ini juga disebut Umbul Muncar karena mata air nya yang memancar /menyembur keatas yang terletak tepat ditengah kolam . Dan terdapat kepercayaan bagi siapa yang mandi di Umbul ini akan awet muda. kedalaman umbul ini pun hanya sebatas pinggang orang dewasa.

 

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki pemandian ini cukup membayar dengan 2k “Nah, di sini minusnya tidak ada loker atau tempat penitipan barang, tempat duduk lesehan di sekitar area kolam, dua buah kamar mandi dan ruang ganti kuncinya rusak. Harapan saya semoga pemerintah daerah segera menyelesaikan proyek wisata ini agar tidak terbengkalai & dapat menarik banyak pengunjung.

Source wisata boyolali
Comments
Loading...