Obyek Wisata Umbul Kapilaler Klaten Jawa Tengah

0 277

Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Klaten. Tempat ini juga sering disebut sebagai umbul wadon. Diberi nama wadon, yang berarti perempuan dalam bahasa Indonesia, dikarenakan kepercayaan bahwa pada zaman dahulu lokasi ini digunakan untuk mandi oleh para putri yang dimana sampai sekarangpun, warga masih sering menggunakan tempat ini untuk mandi. Lokasi umbul ini berdekatan dengan dua umbul lain yaitu, umbul ponggok dan umbul sigedang. Jadi wisatawan dianjurkan mengunjungi juga tempat ini jika sedang berekreasi di umbul ponggok maupun umbul sigedang. Keindahan alamnya tidak kalah dengan 2 umbul yang lain.

Lokasi Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler yang berada Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Karanglo, Polanharjo, Klaten Regency, Central Java 57474.  ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar namun nyaman dihiasi oleh pepohonan yang rindang. Umbul Kapilaler sebenarnya merupakan sebuah mata air yang tidak terlalu besar namun berair jernih. Tempat ini juga dihiasi batuan-batuan besar disekeliling kolam. Terlebih untuk memasuki daerah wisata ini, wisatawan tidak dipungut biaya sama sekali namun tetap harus menjaga kebersihan di tempat ini. Fakta dimana belum banyak bangunan di sekitar obyek wisata tentunya menambah keindahan dan kenyamanan bagi para pengunjung karena keasrian alam di sekitar sama sekali tidak terganggu.

Akses Umbul Kapilaler

Perjalanan yang harus ditempuh menuju Umbul Kapilaler juga tidak begitu jauh, hanya sekitar 0,3 km dari umbul ponggok. Saat perjalanan menuju tempat ini, para wisatawan juga dapat melihat prasasti yang menunjukan arah dan nama umbul kapilaler. Para wisatawan juga dapat melihat gapura besar yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai obyek wisata tersebut. Sebagian besar mengira bahwa tempat ini hanya digunakan untuk wisata air, namun bagi mereka yang suka dengan fotografi, tempat ini cocok sebagai media untuk menyalurkan hobi dan kreatifitasnya. Keindahan berbagai jenis flora serta relief-relief yang menghiasi tempat ini tentunya dapat menjadi spot fotografi yang berkualitas tinggi.

Fasilitas Umbul Kapilaler

Berbagai macam fasilitas pun disediakan di tempat ini, mulai dari kamar mandi, mushola, bahkan hingga penyediaan alat selam seperti snorkel. Para pengunjung dapat menikmati keindahan flora dan fauna di dalam air dengan melakukan snorkeling. Dasar kolam yang masih asri terdiri dari tanah dan bebatuan serta hewan dan tumbuhan laut membuat kegiatan snorkeling semakin memuaskan.

Para wisatawan juga dapat menikmati festival kebudayaan yang diadakan oleh masyarakat ketika akan memasuki bulan puasa, yaitu tradisi padusan di tempat ini. Tentunya hal ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi mereka yang mengunjungi tempat ini. Walau Umbul Kapilaler tergolog lebih kecil dan kurang berfasilitas dibandingkan tempat wisata umbul lain di Klaten, namun, tempat benar-benar dianjurkan bagi mereka yang suka menjelajah dan berwisata ke tempat-tempat baru.

Source wisata klaten
Comments
Loading...