Obyek Wisata Telaga Dringo Banjarnegara Jawa Tengah

0 127

Telaga Dringo

Telaga Dringo merupakan salah satu jenis objek wisata yang akan kita temukan di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Salah satu telaga yang dapat kita kunjungi di Dieng adalah Telaga Dringo. Telaga ini merupakan telaga tertinggi di Dieng. Banyak yang menyebut telaga ini sebagai Ranu Kumbolo versi Dieng. Suasana di Telaga Dringo ini memang lumayan mirip dengan Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, yakni dikelilingi oleh perbukitan hijau. Kedua danau ini juga merupakan yang tertinggi di propinsi masing-masing. Ranu Kumbolo sebagai danau tertinggi di Jawa Timur sedangkan Telaga Dringo sebagai yang tertinggi di Jawa Tengah.

Meski memegang predikat sebagai telaga tertinggi di Dieng, Telaga Dringo bukan merupakan spot unggulan di Dieng. Bahkan mungkin masih ada wisatawan yang belum tahu keberadaan telaga ini. Pesonanya masih kalah dengan Telaga Pengilon dan Telaga Warna serta Telaga Cebong. Mungkin karna lokasi Telaga Dringo yang tidak sesetragis ketiga telaga lain sehingga telaga ini tak setenar yang lain.

Lokasi Telaga Dringo

Telaga Dringo terletak di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng atau lebih tepatnya di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Lokasinya dekat dengan obyek wisata Sumur Jalatunda yang terkenal dengan mitos pengabul doanya. Telaga Dringo juga dekat dengan Kawah Candradimuka, tepatnya sesudah kawah. Jadi, sebelum sampai di Telaga ini Anda akan menjumpai Kawah Candradimuka. Sebuah kawah fenomenal di Dieng yang konon katanya adalah tempat Gatotkaca ditempa hingga menjadi ksatria kuat dengan julukan “Ksatria Otot Kawat Tulang Besi”.

Akses Menuju Telaga Dringo

Letak Telaga Dringo sebenarnya cukup dekat dari Kawasan Wisata Dieng. Namun jalur akses yang sulit dan medan jalan terkenal sangat jelek membuatnya agak terisolasi. Jalannya yang kecil, menanjak dan berbatu tidak bisa ditempuh sembarang kendaraan. Tipe jalan yang seperti medan off road ini sebaiknya dilalui oleh kendaraan trail, seperti sepeda motor kopling, mobil jeep atau mobil trail lainnya.

Jika Anda atau teman Anda tidak memiliki kendaraan, disarankan untuk menyewa kendaraan berikut supirnya yang handal menyetir. Kendaraan juga tidak bisa sampai persis ke Telaga, hanya sampai jalan utama Desa Pekasiran. Anda harus treking selama 20 menit di jalan tanah dan berbatu atau menyewa jasa ojek. Setelah hujan lebih susah lagi. Lumpur dan becek akan menemani perjalanan Anda. Benar-benar menantang.

Namun, perjuangan melewati medan yang sulit akan terbayar saat Telaga Dringo telah di depan mata Anda. Hijaunya permukaan telaga yang dikelilingi perbukitan dengan pohon-pohon cemara yang tumbuh dengan rapi terlihat sangat indah. Kesulitan dan kelelahan saat perjalanan menuju Telaga akan sirna dan tergantikan oleh kekaguman akan pesona alam telaga tertinggi se-Jawa Tengah ini.Tidak hanya itu, perjalanan menuju telaga tidak sepenuhnya menyusahkan. Malahan jika Anda menikmatinya akan menyenangkan. Dalam perjalanan menuju Telaga ini Anda akan disuguhkan hamparan perkebunan kentang, wortel, lobak, dan sayuran lainnya di kiri dan kanan jalan. Anda bisa menyaksikan aktivitas pertanian petani Desa Pekasiran di perkebunan yang dikelilingi oleh perbukitan ini.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...