Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-bOmaeq.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Telaga Cebong Wonosobo Jawa Tengah

0 212

Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan salah satu objek wisata Dieng yang tak pernah sepi pengunjung, lantaran objek wisata tersebut tepat berada di sebelah area parkir Sikunir. Telaga alam ini mempunyai bentuk menyerupai Cebong, sehingga warga setempat memberinya nama Telaga Cebong. Membludaknya arus wisatawan ke Sikunir mau tidak mau berdampak positif terhadap kegiatan wisata di sekitar Telaga Cebong.

Lokasi Telaga Cebong

Telaga Cebong bisa dikatakan sebagai telaga yang berada di lokasi tertinggi di kawasan wisata Dieng dengan ketinggian mencapai 2.300 meter di atas permukaan laut. Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Memang, Desa Sembungan dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, memiliki luas wilayah kurang lebih 2,65 km².

Asal Mula Telaga Cebong

Konon Telaga Cebong terbentuk akibat aktivitas vulkanik, merupakan bekas kawah purba. Awalnya telaga ini memiliki luas kurang lebih 18 ha, namun karena terjadi proses abrasi, maka terjadi penyempitan permukaan air telaga, sehingga saat ini luas Telaga Cebong tersisa sekitar 12 Ha.

Daya Tarik Telaga Cebong

Selain lokasinya sangat strategis, di jalur utama pendakian bukit Sikunir, sehingga sering dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para wisatawan yang baru turun dari Sikunir. Selain itu, disepanjang tepian telaga juga dijadikan sebagai tempat camping, banyak tenda-tenda yang berjejer di sepanjang bibir telaga. Terlebih lagi jika berkunjung pada saat weekend atau high season, Anda akan melihat ratusan tenda para wisatawan yang akan berburu sunrise di Sikunir.

Aktivitas Telaga Cebong

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sekitar Telaga Cebong. Beberapa diantara mereka membuat api unggun atau hanya sekedar duduk-duduk sembari menahan hawa dingin yang menusuk tulang. Tak jarang wisatawan dari kota-kota besar, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan masih banyak lagi, yang mengadakan acara perjamuan malam di sekitar telaga. Selain membuat api unggun, mereka juga sering mengadakan acara hiburan, seperti tari lengger, tarian tradisional Wonosobo.

Keindahan Telaga Cebong

Jika Anda ingin berkemah di tepi Telaga Cebong, tidak perlu bersusah payah membawa tenda dari rumah, karena warga setempat banyak yang menyediakan jasa sewa tenda, sekaligus menyediakan kayu bakar untuk kegiatan api unggun. Jadi, segala sesuatunya sudah tersedia, wisatawan tinggal menikmati suasana malam yang sangat mengesankan di kawasan wisata Dieng Wonosobo.

Source wisata wonosobo
Comments
Loading...