Obyek Wisata Taman Pohon Bonsai di Kota Batu

0 35

Taman Pohon Bonsai

Etalase bonsai Kota Batu itu bernama Sentra Bonsai Panorama yang merupakan salah satu tempat wisata penanaman pohon bonsai yang Letaknya di bagian depan Perumahan Batu Panorama, Jalan Panglima Sudirman Kota Batu. Perumahan ini berada persis di samping Balai Kota Among Tani Kota Batu. Sentra Bonsai Panorama ini menempati lahan yang cukup luas dan terbuka. Pemandangan sekitar pun indah karena dikelilingi tiga gunung: Arjuno di utara, Gunung Banyak di barat dan Panderman di selatan.

Ada sedikitnya 1.250 tanaman bonsai berbagai jenis yang tertata artistik dan layak dinikmati. Tanaman-tanaman bonsai itu milik sekitar 60 orang petani bonsai se-Kota Batu. Ini tanaman milik 60-an petani bonsai di Kota Batu. Mereka tergabung dalam Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Batu. Kalau total anggota PPBI 100 orang. Sentra Bonsai Panorama ini buka setiap hari mulai pukul 08.00. Penikmat bonsai atau wisatawan bisa sekadar melihat-lihat kreasi seni bonsai yang dipajang. Tentunya bisa pula membeli bonsai yang dipajang bila terkesan di hati.

Secara garis besar, empat gaya bonsai tersaji dari tanaman-tanaman milik petani itu. Empat gaya bonsai itu adalah formal (tegak lurus), informal (berliku-liku), slanting (miring) dan cascade (menjuntai/menggantung). Semuanya ada. Ukuran bonsai yang dipajang juga beragam. Mulai tinggi 20 centimeter hingga 2 meter. Semuanya bisa dinikmati dengan gratis. Gaguk mengatakan, para petani bonsai Kota Batu sangat bersyukur bisa berkumpul dan mempunyai etalase di pusat kota. Sehingga penggemar bonsai dan wisatawan tidak perlu blusukan ke sawah untuk melihat hasil karya para seniman bonsai.

Hampir semua seniman bonsai berkumpul di Sentra Bonsai Panorama ini. Sehingga pengunjung tinggal mencari karya dan senimannya di satu lokasi. Ini sangat memudahkan penghobi dan wisatawan yang ingin mengenal bonsai. Kata pria asal Gunungsari Kota Batu ini. Gaguk menambahkan, Sentra Bonsai Panorama ini adalah hasil kerjasama para petani bonsai dengan Perumahan Batu Panorama. Lahan perumahan yang luas dan bagian yang belum terbangun bisa digunakan oleh petani bonsai. Lokasi Perumahan Batu Panorama ada di Jalan Panglima Sudirman 112 Kota Batu.

Source http://www.batutimes.com http://www.batutimes.com/baca/7646/20170326/211345/asyik-kota-batu-punya-sentra-wisata-bonsai-milik-petani/
Comments
Loading...