Obyek Wisata Taman Cerdas Jebres Solo Jawa Tengah

0 537

Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas yang merupakan salah satu wisata edukatif anak, maka kini di Solo Anda juga akan menemukan Taman Cerdas Technopark yang terletak di belakang UNS Solo, Jawa Tengah. Kompleks taman cerdas itu terdiri atas beberapa bagian. Setelah memasuki pintu gerbang yang menghadap ke barat, Anda akan melihat Gedung Perpustakaan yang sekaligus menjadi kantor pengurus Taman Cerdas.

Lokasi Taman Cerdas

Lokasi Taman Cerdas berada di jalan Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126, Indonesia.

Akses Taman Cerdas

Dibangun sejak 2014, akses menuju Taman Cerdas Jebres sangat mudah ditemui karena berada di utara kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau belakang Solo Technopark. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk masuk ke taman dengan gapura punden berundak ini. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp 2.000 untuk jasa parkir.

Fasilitas Taman Cerdas

Pengelola Taman Cerdas Jebres, Hari Sapto mengatakan, ruang terbuka hijau ramah anak yang menempati lahan seluas 3000 meter persegi ini dibangun dengan memiliki fasilitas komplit. Terdapat bangunan tertutup dengan empat gedung yang menjadi sarana pembelajaran anak.

Taman Cerdas Jebres juga dilengkapi arena bermain untuk melatih ketangkasan anak seperti jungkat-jungkit, perosotan, hingga lorong yang tersambung dengan gazebo. Sedangkan sebagai wahana aktualisasi diri, juga terdapat panggung terbuka layaknya panggung Ramayana Taman Wisata Candi Prambanan yang berada persis di belakang gedung utama.

 

Guna memanjakan mata pengunjung, juga berdiri enam patung tokoh pewayangan terbuat dari fiber setinggi tiga meter. Pengunjung dapat berfoto dengan latar patung Kresna, Bima, Gatotkaca, Rama, Shinta, dan Hanoman tersebut. Selain itu, di beberapa titik taman terdapat relief serta patung tembaga tokoh proklamator Indonesia, Soekarno- Hatta, dan Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Ada juga patung dinosaurus dan manusia purba sehingga anak-anak yang datang bisa belajar secara visual. Mengingat di sini lingkungan mahasiswa, kita juga mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan fasilitas internet gratis. Namun terkadang masih ada yang bandel merokok,” ujar Sapto yang menyebutkan pengunjung Taman Cerdas Jebres mencapai seratusan orang tiap harinya.

Source wisata surakarta
Comments
Loading...