Obyek Wisata Taman Budaya Tionghoa di Cipayung

0 66

Taman Budaya Tionghoa

Taman Budaya Tionghoa ini merupakan salah satu tempat wisata yang dibangun di atas lahan seluas 4,5 Hektar di kawasan wisata TMII. Yang berada di Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820. Visi dan misi dari dididirikannya Taman Budaya ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa etnis Tionghoa memiliki sejarah dan budaya yang memiliki nilai postif bagi bangsa Indonesia. 
Ada apa aja sih di Taman Budaya Tionghoa, ini dia informasinya :

1. Taman Dua Belas Shio

Di tempat iniAnda akan menemukan ornamen-ornamen berbentuk prasati dari dua belas shio yang dipercayai oleh masyarakat Tionghoa sebagai gambaran tentang siklus perputaran untuk 12 bulan kalender pada setiap tahunnya.  Ornamen shio yang ditemukan di sini merupakan simbol binatang sebagai kepercayaan masyarakat China. Tak hanya itu, di lokasi yang asri ini para pengunjung juga bisa berfoto ria di depan prasasti shio tersebut lho. Ayo shio kalian apa?

2. Jembatan Kasih Sayang

Jembatan yang berbentuk setengah lingkaran ini terletak di dekat patung legenda cinta Sam Pek Eng Tay yang konon memiliki cerita cinta sejati dan abadi dari Tiongkok. Dan tempat ini sangat ramai digandrungi oleh sepasang muda-mudi untuk sejenak berfoto bersama mengabadikan moment kasih sayang kepada pasangannya. Nah kan, pas banget buat kalian yang datang ke tempat  ini bersama pasangan.

3. Museum Peranakan Tionghoa atau Museum Cheng Ho

Bangunan Museum ini memiliki gaya arsitektur campuran China, Belanda, Melayu dan memiliki luas bangunan 680 M2. Tak hanya itu, kalau masuk ke museum ini akan terlihat taman terbuka di dalamnya yang merupakan ciri khas bangunan peranakan Tionghoa di Indonesia.  Di dalam museum ini juga terdapati foto-foto dan artifak yang merupakan jejak sejarah dan peran masyarakat Tionghoa di Indonesia.

4. Museum Hakka Indonesia

Bangunan yang berbentuk bundar sekilas seperti benteng yang berwarna kuning ini terlihat sangat megah sekali. Anda pasti akan terkejut saat masuk ke dalam museum ini, kenapa? Karena keindahan lampion khas masyarakat Tionghoa yang tergantung menghiasi atap di dalam bangunan ini.  Museum yang memiliki tiga lantai ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Museum Tionghoa Indonesia, Museum Hakka Indonesia dan Museum Yodding Hakka Indonesia.

Di tempat ini juga akan terungkap sejarah etnis Tionghoa melalui koleksi yang ada di ruang pamer dari masing masing lantai, seperti ornamen mangkok-mangkok keramik khas China, foto para pekerja dan juga rempah-rempah khas Indonesia yang di bawa oleh pedagang Tionghoa dan masih banyak lagi koleksinya. Jadi makin penasaran kan?

Untuk bisa masuk ke Taman Budaya Tionghoa ini, Anda cukup membayar tiket masuk TMII saja tanpa ada biaya lainnya alias gratis. Jadi buat kalian yang mau mengisi liburan Tahun Baru Imlek dengan biaya dan lokasi yang terjangkau, Yuk datang saja ke sini.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3130027/sambut-imlek-liburan-ke-taman-budaya-tionghoa-di-tmii
Comments
Loading...