Obyek Wisata Tahura Mangkunegoro Karanganyar Jawa Tengah

0 242

Tahura Mangkunegoro

Taman Tahura merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Karanganyar. kawasan pelestarian alam untuk menunjang, pendidikan, pariwisata dan rekreasi. Merupakan satu-satunya taman hutan raya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Didalam tahura ngargoyoso ini terdapat berbagai jenis flora terdiri dari berbagaui jenis vegetasi endemik, dan fauna yang sebagian merupakan fauna langka yang tidak kurang dari 34 jenis binatang. Disamping tempat rekreasi juga untuk kegiatan penelitian dan perkemahan. Tahura (Taman Hutan Raya) yang berada di Sukuh, Berjo Kec Ngargoyoso ,  Kabupaten Karanganyar tepat berada dibelakang Candi Sukuh. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, area perkemahan.

Akses Tahura Mangkunegoro

Tahura Ngargoyoso dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Ada sebuah vila dan aula yang disewakan untuk umum. Untuk kegiatan makrab, fasilitas di Tahura ini cukup lengkap. Ada sebuah masjid serta tanah lapang untuk menunjang kegiatan. Tahura bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Solo ke arah Tawangmangu. Satu hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak berkunjung ke Tahura adalah kondisi kendaraan. Karna berada di ketinggian lereng gunung Lawu, jalanan kesana juga menanjak. Tanjakan paling curam akan kamu jumpai menjelang candi Sukuh. Kendaraan harus benar-benar dalam keadaan prima. Wana wisata ini sangat cocok untuk kegiatan camping maupun sebagai  wisata bersama  keluarga dengan tiket masuk Rp.7.000,-.

Rute Menuju Tahura Mangkunegoro

Bila menggunakan transportasi umum dari Solo, dapat menumpang bus dari Terminal Tirtonadi jurusan Tawangmangu dan turun di Terminal Karangpandan. Sesudah itu, berganti bus jurusan Ngargoyoso dan turun di gang Desa Berjo (papan petunjuk ke arah Candi Sukuh/Tahura). Dari gang tersebut dapat menyewa ojek untuk sampai ke lokasi. Perjalanan ke Desa Berjo dari Terminal Karangpandan memakan waktu sekitar 30 menit.

Sementara dari Kota Solo memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan. Sedangkan peta bagi pengguna kendaraan roda dua dan empat, pengunjungdapat memanfaatkan GPS dengan menempuh rute sebagai berikut: Jalan Solo – Karanganyar (Tawangmangu) sekitar 28 kilometer – belok kiri ke Jl.Karangpandan – Ngargoyoso sekitar 6 kilometer – belok sedikit ke kanan sekitar 1,5 kilometer – belok ke kiri –  tiba diTahura KGPAA Mangkunegoro.

Source wisata karanganyar
Comments
Loading...