Obyek Wisata Sumur Jalatunda Dieng Banjarnegara

0 150

Sumur Jalatunda Dieng

 

Sumur Jalatunda merupakan salah satu tempat wisata yang berada di kawasana Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara merupakan kepundan Gunung berapi yang meletus dan menjadi sumur dengan kedalaman 100 Meter. Konon sumur Jalatunda merupakan salah satu pintu ghaib menuju penguasa laut selatan. Ada kepercayaan masyarakat barang siapa yang dapat melempar batu hingga melintasi sumur maka cita-citanya akan tercapai.

Kawasan dataran tinggi Dieng memang dipercaya sebagai rumahnya para dewa, hawa mistis begitu terasa. Berbagai nama tempat wisata dieng Banjarnegara menyimpan kegagahannya sendiri. Sumur Jalatunda ini ada di desa Pekasiran Batur, Kabupaten Banjarnegara. Semacam sumur lebar dengan diameter hingga 90 meter serta kedalaman lebih dari 150 meter. Sumur ini terbentuk dari letusan kawah vulkanis yang terjadi beratus tahun yang lalu. Coba kunjungi sumur yang satu ini dan rasakan sensasinya.

Lokasi Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tepatnya sekitar 7 km dari objek wisata dieng kompleks Candi Arjuna. Untuk mencapainya Anda akan menemui beberapa tanjangan, jalan setapak yang berliku-liku serta anak-anak tangga. Disarankan untuk menyewa guide lokal untuk memandu Anda mengingat akses menuju sumur cukup sulit.

Keunikan Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda ini diambil dari cerita pewayangan yang dikenal sebagai Bumi Sapta Pratala. Memang, nama-nama objek wisata yang ada di Dieng ini dilatarbelakangi cerita wayang yang tentunya mengajarkan pesan moral kepada manusia untuk terus berbuat kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Mitos yang berlokasi di sumur raksasa Jalatunda ini memiliki cerita mitos yang unik. Berdasarkan cerita warga sekitar, barang siapa yang bisa melempar batu hingga ke ujung dinding sumur maka harapan dan cita-citanya akan tercapai. Namun, tentu saja hal ini kembali pada keyakinan masing-masing individu ya. Kegiatan yang paling sering dilakukan di sini adalah melempar batu. Anda bisa juga mampir mengunjungi tempat unik lain seperti Lubang Sewu dan Batu Kapur.

Source wisata banjarnegara
Comments
Loading...