Obyek Wisata Situ Rawa Besar di Depok Jawa Barat

0 220

Situ Rawa Besar

Situ Rawa Besar merupakan salah satu wisata danau yang terletak di Kampung Lio, Depok, Jawa Barat. Situ tersebut merupakan kawasan penyangga dan resapan air untuk wilayah Kota Depok dan sekitarnya. Danau yang membentang dari Jalan Wijaya Kusuma hingga Jalan Dukuh Pasar Lama tersebut juga pernah dimanfaatkan sebagai penyangga kegiatan ekonomi. Masyarakat sekitar Kampung Lio menggunakannya sebagai tempat untuk memelihara ikan dengan membangun karamba di tengah danau.

Kebutuhan akan lahan tempat tinggal menyebabkan lahan di kawasan Situ Besar Lio menjadi pemukiman padat penduduk. Danau yang semula luasnya mencapai 25 hektar kini menyempit sehingga tersisa 13 hektar. Limbah rumah tangga juga banyak dibuang ke area danau sehingga menyebabkan air menjadi keruh dan kotor. Situ itu tidak lagi kondusif sebagai tempat memelihara ikan.

Tahun 2006 pemerintah Kota Depok mulai membuat rancangan untuk merevitaslisasi situ yang terletak di Jalan Anyelir tersebut. Proyek yang menghabiskan anggaran dana besar itu sudah dapat dinikmati hasilnya. Di bagian tepi danau sengaja dipasang paving block yang membentuk jalur pejalan kaki. Pengunjung dapat berjalan-jalan sambil menyaksikan pemandangan sekitar danau. Salah satu sisi danau juga dilengkapi taman.

Area danau tidak lagi tampak kumuh. Sampah maupun tanaman enceng gondok yang sebelumnya banyak memenuhi situ sudah dibersihkan. Karamba-karamba yang dahulunya digunakan untuk memelihara ikan juga sudah tidak ada lagi. Bila ingin melintasi danau tersedia perahu penyeberangan yang dapat di sewa pengunjung. Bila datang bersama buah hati, Anda bisa mencoba perahu bebek untuk menjelajahi danau.

Bila ingin berkunjung ke Situ Rawa Besar disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta silakan ikuti rute menuju Depok. Sampai Jalan Margonda Raya belok kanan ke Jalan Arif Rahman Hakim dan belok kiri ke Jalan Nusantara Raya. Setelah melewati SMAN 1 Depok Anda akan menjumpai perempatan. Dari sini belok kiri ke Jalan Sarikaya 3 yang merupakan akses menuju danau.

Source Jalan Wisata jakarta
Comments
Loading...