Obyek Wisata Sejarah Toko Merah di Jakarta

0 204

Toko Merah

Selain museum, bangunan bersejarah lain yang ada di kota tua adalah Toko Merah yang merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang terdapat bangunan tua yang memiliki daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Toko Merah ini berada di Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang, Tambora, RT.7/RW.3, Roa Malaka, Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230. 

Sesuai dengan namanya, bangunan ini memang berwarna merah hati mencolok.  Dibangun oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem baron van Imhoff pada tahun 1730 dan digunakan sebagai kediamannya. Rumah tersebut dibangun di atas tanah dengan luas 2.471 m2. Dinamakan Toko Merah karena sejak rumah tersebut dimiliki oleh Oey Liauw Kong, fungsinya menjadi sebuah toko.

Sebelum berubah menjadi toko, bangunan tersebut pernah dijadikan sebagai akademi angkatan laut Belanda. Pernah juga dijadikan sebagai hotel bagi para pejabat sebelum akhirnya berubah menjadi toko milik Oey Liaw Kong.  Status Toko Merah saat ini menjadi cagar budaya sesuai UU No. 5 Tahun 1992 dan SK Gubernur DKI Jakarta tahun 1993. Bangunan Toko Merah mulai direnovasi pada tahun 2012 dan sekarang berfungsi sebagai tempat pameran atau function hall.

Untuk mencapai ke Toko Merah tidak sulit, cukup menyeberang kali dari arah Kota Tua. Jika ingin masuk kita cukup merogoh kocek Rp10.000 rupiah sudah bisa berkeliling Toko Merah yang memiliki dua lantai Wisatawan yang berkunjung ke Toko Merah, memang tak banyak seperti di Museum Fatahila dan sekitarnya. Banyak wisatawan yang belum tahu atau malas untuk mengunjunginya, karena harus berjalan cukup jauh.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/west-jakarta-103066
Comments
Loading...