Obyek Wisata Sejarah Museun Tenun Ikat, Kota Ende

0 59

Museun Tenun Ikat

Museun Tenun Ikat merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Kabupaten Ende Terletak di jalan Mohamad Hatta, kira-kira 100 meter dari taman kota dan bersebelahan dengan museum bahari dan berbentuk rumah adat, di sini dapat dilihat. Peralatan tenun, proses pembuatan sampai selesai mulai dari memintal kapas menjadi benang, alat-alat yang digunakan untuk membuatan motif (tege), alat-alat yang digunakan untuk tenun dan masih bersifat tradisional seperti Woe, Ogo, Ngewi, kaka, Sisir, Kabhe, Keke, Ngewi dan juga dipajang beberapa jenis sarung yang sudah tua usianya yang proses pembuatannya masih bersifat tradisional baik obat pewarnaan seperti mennggunakan akar/batang mengkudu dan daun tarum.

Museum Tenun Ikat Ende terletak di areal rumah adat di kota Ende, Jalan Soekarno. Dulunya tempat ini dikenal dengan nama Lapangan Roket tempat berbagai atraksi seni ditampilkan di panggung. Sekarang sudah menjadi areal Museum karena selain Museum Tenun Ikat juga ada Museum Bahari. Bangunan museum terbuat dari papan dan modelnya rumah panggung (rumah tradisional).

Museum ini memajang tenun ikat-tenun ikat sudah tidak tahu kondisi di dalamnya karena sudah lama sekali tidak masuk ke museum ini. Lantas, kenapa tiba-tiba ingin bercerita tentang Museum Tenun Ikat Ende? Karena tempat ini dipilih oleh Flobamora Community (Komunitas Blogger NTT) untuk merayakan ulangtahunnya yang ke-4! Yipie! Areal / halaman museum yang luas dapat dijadikan tempat untuk kegiatan outdoor yang keren karena di sekeliling halaman terdapat lopo-lopo dan sekelilingnya ada pagar tinggi yang tidak memungkinkan orang luar/non-undangan masuk ke dalam.

Tempat ini yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini? Bagus. Sangat bagus. Tetapi mungkin butuh perawatan maksimal sehingga dapat mengundang lebih banyak orang berkunjung khususnya para wisatawan domestik yang ingin tahu lebih banyak tentang proses memproduksi tenun ikat dan jenis-jenisnya. Umumnya tidak semua orang tahu bahwa tenun ikat di Kabupaten Ende itu terdiri dari berbagai jenis, nama dan strata.

Sekiranya semua informasi tentang tenun ikat itu tersedia di Museum Tenun Ikat, akan sangat bagus. Apalagi kalau di salah satu lopo, mungkin di lopo utama, disediakan alat menenun dengan seorang ibu yang sedang menenun. untuk mengurusnya. Bagi Anda yang berkunjung ke Ende, jangan lupakan untuk mengunjungi juga Museum Tenun Ikat Ende, di Jalan Soekarno Ende. Ada seorang penjaga yang tentunya bersedia memberikan keterangan tentang barang yang dipajang di sana.

Source http://tutehtravel.blogspot.com http://tutehtravel.blogspot.com/2013/02/museum-tenun-ikat-ende.html
Comments
Loading...