Obyek Wisata Sejarah Museum Sumpah Pemuda Jakarta

0 30

Museum Sumpah Pemuda

Museum merupakan salah satu wahana wisata yang patut di apresiasi. Selain menawarkan suasana tempo dulu, berwisata ke museum juga dapat membuat seseorang lebih mengenal sejarah Indonesia. Ini tidak lain karena sebuah museum umumnya akan mengangkat tema tertentu. Bisa sejarah daerah hingga seniman ternama asli Indonesia. Jika Anda ingin menikmati wisata museum di Jakarta, mungkin Museum Sumpah Pemuda dapat menjadi salah satu alternatif yang menarik yang berada di Jalan Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10420.

Sesuai dengan namanya, Anda dapat melihat beragam benda bersejarah terkait dengan peristiwa Sumpah Pemuda yang dihelat pada 28 Oktober 1928 silam. Beragam dokumentasi poster dan bersejarah hingga biola asli pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman atau yang dikenal dengan nama WR Supratman ada di sini! Ya, biola asli WR Supratman disimpan di ruang penyimpanan khusus di Museum Sumpah Pemuda. Selain itu pihak museum juga menyediakan replika biola WR Supratman yang disimpan dalam sebuah almari kaca.

Selain memiliki nilai sejarah tersendiri bagi bangsa Indonesia, biola WR Supratman hanya dibuat 10 buah saja di dunia. Bahan yang digunakan dalam pembuatan biola WR Supratman pun tergolong eksklusif. Biola yang dibuat oleh Nicolaus Amateus Fecit ini menggunakan tiga jenis kayu, yaitu cyprus dan maple dari Italia serta eboni dari Afrika Selatan. Biola tersebut didapatkan WR Supratman pada tahun 1914 dari W.M. Van Eldick sebagai hadiah ulang tahun.

Selain unik, tentu saja bilai biola ini semakin berharga tatkala digunakan WR Supratman untuk menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bahkan biola ini juga hadir saat lagu Indonesia Raya diperdengarkan untuk pertama kalinya pada Kongres Pemuda kedua yang dihelat 28 Oktober 1928 yang lalu. Bisa diperhitungkan betapa berharganya nilai sejarah biola ini bukan?

Selain itu di Museum Sumpah pemuda ini Anda juga dapat melihat beragam foto dokumentasi bersejarah yang terpajang di dinding-dinding Museum. Ada pula tulisan bersejarah yang menceritakan tentang Perhimpunan Indonesia, Jong Java dan Organisasi Kepemudaan yang ada sebelum digelarnya Sumpah Pemuda. untuk harga tiket untuk Dewasa : perorangan Rp 2.000/orang, rombongan Rp 1.000/orang Anak-anak : perorangan Rp 1.000/orang, rombongan Rp 500/orang Wisatawan asing: 10.000/orang.

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2015/11/06/asyiknya-jalan-jalan-di-museum-sumpah-pemuda-jakarta/
Comments
Loading...