Obyek Wisata Sejarah Museum Probolinggo

0 200

Museum Probolinggo

Museum Probolinggo merupakan sebuah museum yang berada di kota Probolinggo dan menghadirkan koleksi – koleksi bersejarah. Museum ini berada di jalan Suroyo no. 7 Kota Probolinggo. Museum ini memiliki arsitektur bangunan yang khas peninggalan Belanda menjadikan museum ini sangat kental dengan suasana masa lalu.

Dulunya museum ini merupakan sebuah gedung Societiet Gebow Harmony yang di fungsikan sebagai ballroom (kamar bola) yang artinya merupakan tempat berkumpulnya kaum priyayi Belanda, main bilyard, berinteraksi, berdansa dan lain – lain. Kemudian gedung ini di fungsikan sebagai Gedung Serba Guna yang biasanya di gunakan oleh masyarakat Kota Probolinggo untuk menggelar acara atau event – event tertentu. Disini anda dapat menjelajahi Museum Probolinggo dari jaman dahulu hingga sekarang hanya memakan waktu 30 menit.

Harga Tiket Masuk Museum Probolinggo

Jika anda tertarik untuk mengunjungi museum ini, anda tidak akan di kenakan tiket masuk alias gratis. Museum ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai 15.00 sore. Lokasinya berada di Jl. Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67211, Indonesia.

Koleksi Di Museum Probolinggo

Museum ini memiliki koleksi yang terkesan sederhana, walaupun memiliki display yang sedikit kaku, namun museum ini memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi. Terutama bagi mereka yang ingin mengenal sejarah kota Probolinggo secara singkat.

Di antaranya ada koleksi arca, koleksi barang – barang kuno seperti senjata yang di gunakan oleh masyarakat Tengger di masa silam, ada pula peninggalan lain seperti guci, alat music kecapi, KWH meter, sepatu dari China, dan naskah – naskah kuno. Selanjutnya ada diorama dan patung – patung yang menggambarkan kebudayaan yang ada di Probolinggo. Ada kendaraan tradisional yang digunakan oleh masyarakat Probolinggo, misalnya dokar dan cikar. Dan masih banyak koleksi – koleksi bersejarah lainnya yang harus anda kelilingi di dalam museum ini.

Source http://kresnabayutour.com http://kresnabayutour.com/museum-probolinggo/
Comments
Loading...