Obyek Wisata Sejarah Museum Kereta Api Bondowoso

0 106

Museum Kereta Api Bondowoso

Museum Kereta Api Bondowoso merupakan salah satu wisata sejarah berada di Stasiun Bondowoso, Jawa Timur dan menampilkan berbagai koleksi peninggalan Stasiun Kereta Api Bondowoso. Stasiun Bondowoso sendiri saat ini merupakan jalur mati yang tak dilalui kereta api dan sudah tidak aktif. Ruang museum memanfaatkan Stasiun Bondowoso yang berstatus bangunan cagar budaya.

Ruang pamer Museum Kereta Api Stasiun Bondowoso terdiri dari ruang pamer pengantar, pamer utama, pamer gerbong maut, pamer komoditas dan ke depannya ada ruang PPKA. Koleksi di Museum Bondowoso antara lain adalah peralatan kerja yang pernah digunakan kereta api dari masa ke masa misalnya ada tiket Edmonson.

Mesin cetak tanggal karcis, ebleg semboyan 40, lampu Hansen, stempel, mesin tik, telepon, topi PPKA, peluit, foto, reglement. Selain menjadi destinasi pariwisata baru di Bondowoso, museum kereta api juga menjadi sarana pendidikan untuk mengenal sejarah, terutama sejarah perkeretapian di Indonesia.

Di ruang komoditas, wisatawan bisa mengetahui informasi peristiwa gerbong maut yang terjadi pada 23 November 1947. Bangunan Stasiun Bondowoso yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Museum ini sengaja diresmikan tepat pada hari Kemerdekaan RI yang ke 71 dan peringatan hari jadi Bondowoso ke 197, untuk mengenang jasa para pahlawan Gerbong Maut yang menjadi ikon monumen bersejarah di Bondowoso. Di masa perjuangan, Stasiun Bondowoso memiliki sejarah penting tentang 100 pejuang Gerbong Maut yang menjadi tawanan Belanda, sehingga keberadaan Museum Kereta Api di Kabupaten Bondowoso merupakan bagian dari ikhtiar mengenang peristiwa Gerbong Maut.

Akses Menuju Museum Kereta Api

Bondowoso merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Situbondo di sisi utara, Banyuwangi di timur, Jember di selatan, dan Probolinggo di barat. Untuk mencapai ke Bondowoso dari arah Surabaya dapat menggunakan bus umum, selain kendaraan pribadi. Namun perlu diketahui tidak ada trayek yang langsung menuju Bondowoso.

Dari terminal Bungurasih naik bis ke Probolinggo, lalu ganti bus ke arah Situbondo yang berjarak 110 km lewat jalur pantura. Rute bus umum : Surabaya- Bangil – pasuruan – Probolinggo – Kraksaan – Besuki – Bondowoso. Jika menggunakan kereta api dapat naik KA yang menuju Banyuwangi, tapi turun di stasiun Jember lalu berganti bus umum jurusan Bondowoso yang berjarak sekitar 40 km.

Source http://www.travelling.web.id/ http://www.travelling.web.id/2016/08/melihat-museum-kereta-api-bondowoso.html
Comments
Loading...