Obyek Wisata Sejarah Museum Gereja Katedral di Jakarta

0 7

Museum di Gereja Katedral

Museum Gereja Katedral adalah salah satu wisata sejarah museum yang berisi benda-benda koleksi umat Katolik yang menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan agama Katolik di Nusantara. Museum ini terletak di lantai mesanin Gereja Katedral, yaitu bagian atas dengan denah ruang yang berbentuk U, tepatnya di Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. tempat yang biasa digunakan untuk misa. Museum yang berlokasi di Jakarta Pusat ini terbuka untuk semua kalangan, golongan, dan agama.

Benda  bersejarah di dalam Museum Katedral yang menjelaskan sejarah berdirinya Gereja Katedral yang memiliki nama Santa Perawan Maria diangkat ke Surga. Selain itu, adapula koleksi lain seperti Monstran bergaya Barok: Monstran Limburg 1700-an, mitra dan tongkat gembala sebagai pemberian kenangan dari Paus Paulus VI saat berkunjung pada tahun 1970, kasula dan piala sebagai pemberian kenangan dari Paus Yohanes Paulus II saat berkunjung pada 1989, teks doa berbingkai klasik berbahasa latin yang digunakan pada masa pra Konsili Vatikan II, relikwi santo dan santa, dan lain-lain.

Yang menarik, di museum ini, pengunjung akan menemukan karya Romo Reksaatmadja pada era 1930-an yaitu berupa ukiran patung Bunda Maria berkonde. Patung ini memiliki makna Bunda Maria adalah cerminan budaya Indonesia sebagai salah satu pencetus kesenian Katolik. Ada pula lukisan dari batang pohon karya Kusni Kadut, seorang penjahat kelas kakap yang dihukum mati pada tahun 1980. Museum Katedral berada di dalam Gereja Katedral Jakarta Pusat, sebuah gereja di Katolik tertua di Jakarta. Pengunjung bisa datang ke Museum Katedral pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 10.00-12.00 WIB.

Source http://www.jalanjalan.co http://www.jalanjalan.co/content/161/museum-katedral
Comments
Loading...