Obyek Wisata Sejarah Museum Fatahillah di Jakarta

0 12

Museum Fatahillah 

Museum Fatahillah dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia merupakan sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah Nomor 2, Jakarta Barat dengan luas lebih 1.300 meter persegi. Gedung ini dahulu hanya sebuah Balai Kota Stadhuis: Bahasa Belanda yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah dari Gubernur Jendral Johan van Hoorn.

Bangunan itu mirip dengan Istana Dam yang terletak di Amsterdam Belanda, yang terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai sebuah kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai penjara.

Koleksi Museum Fatahillah 

Objek wisata yang dapat anda temukan di museum ini antara lain yaitu perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan Tarumanegara dan Pajajaran, hasil-hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 hingga 19, yang merupakan sebuah perpaduan dari gaya Eropa, Republik Rakyat Cina, dan Indonesia. Juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi ini terletak di berbagai macam ruang, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin.

Fasilitas Museum Fatahillah

Terdapat juga berbagai macam koleksi tentang kebudayaan Betawi, numismatik, dan becak. Bahkan sekarang juga diletakkan sebuah patung Dewa Hermes (menurut mitologi Yunani, merupakan dewa keberuntungan dan perlindungan bagi kaum pedagang) yang tadinya terletak di perempatan Harmoni dan meriam Si Jagur yang dianggap memiliki kekuatan magis. Selain itu, di Museum Fatahillah juga terdapat bekas penjara bawah tanah yang dulu sempat digunakan pada zaman penjajahan Belanda. Museum ini memilik beberapa Fasilitas yang bisa anda gunakan seperti :

  1. Perpustakaan (untuk anda yang suka membaca).
  2. Kantin Museum (menyediakan makanan dan mimuman jika anda sedang lapar atau haus).
  3. Souvenir Shop (menjual cinderamata untuk kenang-kenangan dengan harga terjangkau).
  4. Sinema Fatahillah (Menampilkan Film Zaman Batavia dan Film Populer Dalam Dan Luar Negeri).
  5. Musholla (dengan perlengkapannya sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan waktu untuk sholat).
  6. Ruang Pertemuan dan Pameran (ruangan yang representatif untuk kegiatan pertemuan, diskusi, seminar dan pameran dengan daya tampung lebih dari 150 orang).
  7. Taman Dalam (Taman yang asri dengan luas 1000 meter lebih, serta dapat dimanfaatkan untuk Gathering, resepsi pernikahan, Pentas Seni).

Akses Menuju Museum Fatahillah

Akses jalan menuju lokasi Museum Fatahillah berada di kawasan Kota Tua. Dapat anda tempuh dengan kendaraan dari berbagai arah kota anda berada. Menggunakan alat transportasi umum seperti bus juga dapat anda tempuh. Dari blok-M naik bus trans Jakarta koridor 1 kemudian turun dipemberhentian akhir bus. Dikawasan terminal anda dapat turun dari bus kemudian langsung menuju kawasan kota tua dengan berjalan kaki .

Source http://www.liburanjakarta.web.id http://www.liburanjakarta.web.id/2014/02/wisata-museum-fatahillah/
Comments
Loading...