Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-CIEUJ3.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Obyek Wisata Sejarah Museum Dr. Mohammad Saleh

0 155

Museum Dr. Mohammad Saleh

Museum Dr. Mohammad Saleh merupakan salah satu wisata sejarah museum ini berarsitektur Belanda di buka dari Selasa-Minggu, pukul 08.00-15.00 WIB (kecuali hari Jumat-Minggu, tutup lebih awal sebelum jam 12.00). Yang berada di Probolinggo, Jawa Timur Koleksinya berupa ruangan disertai perabot dan alat kesehatan yang dipakai sang Dokter kala itu.

Karena sempat menjadi rumah dinas sekaligus tempat praktik kesehatan, Anda jangan sampai kaget ya begitu masuk ke sini. Akses ke tempat ini cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi dan umum karena berada di pusat Kota Probolinggo. Mengenai biaya masuk, belum ada tarif resmi. Anda bisa memberikan dana seikhlasnya untuk merawat museum bersejarah ini.

Asal Usul Museum Dr. Mohammad Saleh

Di Probolinggo terdapat museum yang namanya “MUSEUM Dr. MOHAMMAD SALEH”, Jl. Dr. Mohammad Saleh. Dr. Mohammad Saleh pertama di Probolinggo pada tahun 1930-an. Beliau lulusan STOVIA, perkembangan dari sekolah dokter Jawa. Beliau anak termuda dari 5 bersaudara. Jadi, awal dinas beliau di Jakarta, Boyolali, Sulawesi Tengah, Bondowoso, Pasuruan dan terakhir di Probolinggo sampai meninggal. Beliau lahir di Simo Jawa Tengah, 15 Maret 1888. Wafatnya di Probolinggo, 2 Maret 1952. Sementara istrinya bernama EMMA NAIMAH  (NYAK EM) , lahir di Jakarta 1883. Wafatnya di Probolinggo, 26 Juli 1949.

Hasil gambar untuk Obyek Wisata Sejarah Museum Dr. Mohammad Saleh

Koleksi Museum Dr. Mohammad Saleh

Koleksi yang ada di Museum Dr. Mohammad Saleh seperti : Gramo Fone, Peti Ukir, Jam Gantung, dinamakan jam gantung karena tenaganya dari bandulan. Jam Gantung ini, menurut orang zaman dulu disebut Jam Seperapatan. Karena setiap 15 menit sekali berbunyi. Ada juga Ruang Peteng yaitu ruangan gelap tidak ada lampu satupun. Ruang Peteng bukan untuk tempat tidur, tetapi menurut orang zaman dulu itu Islam, Islamnya ada unsure kejawaannya . Jadi untuk ruang nyepi supaya ibadahnya khusuk.

Hasil gambar untuk Obyek Wisata Sejarah Museum Dr. Mohammad Saleh

Source https://probolinggokotamuseumjatim.wordpress.com https://probolinggokotamuseumjatim.wordpress.com/museum-dr-mohammad-saleh/
Comments
Loading...