Obyek Wisata Sejarah Museum di Tengah Kebun

0 30

Museum di Tengah Kebun

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang belum banyak diketahui orang. Bahkan, pengunjung diharuskan membuat pemesanan dan perjanjian jadwal kedatangan terlebih dahulu sebelum bisa mengunjungi Museum Di Tengah Kebun ini. Dengan jadwal pengunjung yang terkesan eksklusif, tentunya museum ini tidak akan mengecewakan. Museum Di Tengah Kebun beralamat di Jalan Kemang Timur Raya nomor 66, Jakarta Selatan. Di dalamnya, terdapat sekitar 4.000 koleksi benda bersejarah dari berbagai negara termasuk Indonesia. Berdiri dari tahun 1980, museum ini dimiliki pribadi oleh seorang pengusaha bernama Sjahrial Djalil.

Yang unik, museum ini awalnya dibangun di atas rumah pribadi beliau dan penataannya tidak dibuat seperti museum pada umumnya. Jika museum biasanya menata rapi koleksinya, museum ini tampil apa adanya dengan penempatan barang-barang dibuat seperti berada di dalam satu ruangan dengan tema yang berkesinambungan. Misalnya saja, ruangan bernama Dewi Sri menampilkan peralatan masak dan makan dari berbagai budaya, berkaitan dengan nama ruangannya, Dewi Sri, yang merupakan Dewi Padi dalam kepercayaan budaya Jawa.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket apa pun untuk masuk ke museum ini. Namun begitu, jumlah pengunjung minimum dalam satu kali kunjungan adalah 10 orang. Anda pun perlu melakukan reservasi via telepon terlebih dahulu. Biasanya, jadwal kunjungan adalah setiap hari Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu pada pukul 09:45 – 12:00 WIB dan 12:45 – 14:30 WIB. Salah satu angkutan umum yang melewati lokasinya adalah metromini S77 jurusan Blok M – Ragunan.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/south-jakarta-102990
Comments
Loading...