Obyek Wisata Sejarah Museum Bikon Blewut, di Sikka

0 131

Museum Bikon Blewut

Meseum Bikon Blewut adalah satu-satunya museum di Kota Maumere yang terletak di dalam kompleks Seminari Tinggi Ledalero, Desa Nita Kabupaten Sikka. Museum ini didirikan oleh seorang Misionaris SVD, Pastor Theodor Verhoeven pada tahun 1973. Pater Theodor sendiri merupakan seorang ahli enolinguistik tamatan Universitas Utrech Nederland.

 

Sesuai dengan namanya Biko Blewut, museum ini menyimpan sejumlah penemuan masa lalu hasil penggalian Pater Theodor, seperti beberapa Gua di Flores dan Lembata, alat tenun termasuk fosil manusia purba Flores. Adapun kata Bikon sendiri artinya lampau, sedangkan Blewut artinya sisa peninggalan masa lampau. Biko Blewut diturunkan dari syair adat pencipta semesta alam versi Krowe-Sikka yang berbunyi: Saing Gun Saing Nulun, Saing Bikon Saing Blewut, Saing Watu Wu’an Nurak, Saing Tana Puhuk Kleruk, De’ot Reta Wulan Wutu, Kela Bokeng Nian Tana”.

Artinya, sejak zaman dahulu, sejak zaman purba, ketika bumi masih rapuh, ketika tanah masih bagaikan buah yang masih muda, Tuhan di angkasa menciptakan langit dan bumi, matahari dan bulan. Hampir setiap saat, rombongan wisatawan dari luar negeri yang mampir ke Flores selalu menyempatkan diri menyambangi tempat ini. Bagi Anda yang gemar mengoleksi dan ingin mengetahui penemuan-penemuan masa lalu, museum Bikon Blewut menjadi salah satu pilihan menarik.

Source http://www.dawainusa.com http://www.dawainusa.com/10-destinasi-wisata-menarik-di-maumere/
Comments
Loading...