Obyek Wisata Sejarah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

0 132

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu wisata sejarah yang hingga kini masih berdiri kokoh dijantung Kota Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg merupakan saksi bisu adanya Pemerintahan Kolonial Belanda di Republik tercinta ini. Benteng yang kurang lebih berusia 250 tahun ini juga menjadi salah satu ikon Kota Jogja, dan masih bisa dinikmati keindahannya. Menganut gaya arsitektur ala Eropa, benteng yang pernah beberapa kali beralih fungsi ini, menjadi destinasi wajib bila berkunjung ke Jogja.

Lokasi Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg ini berada pada Jalan Ahmad Yani (Margo Mulyo) No. 6, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta. Lokasinya yang berada dipusat Kota Yogya membuat wisatawan sangat mudah untuk mengjangkau tempat wisata ini. Wisatawan dapat dengan leluasa menggunakan kendaraan pribadi layaknya mobil dan motor, atau menggunakan kendaraan umum yang tersedia di Jogja. Terdapat pilihan seperti transjogja, angkot, bus, ojek, dan masih banyak lagi. Selain itu, anda juga bisa menggunakan becak jika ingin bersantai sambil menikmati suasana Kota Jogja.

Dalam perjalanannya, bangunan museum ini diselimuti sejarah serta kisah-kisah yang menarik untuk disimak. Selain itu, benteng tersebut juga pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi serta serangan musuh yang menghancurkan sebagian besar bangunan didalamnya. Sehingga harus dilakukan renovasi dan pemugaran agar keindahan Benteng Vredeburg tetap terjaga.

Wisata Sejarah Museum Benteng Vredeburg

Jika kamu pecinta wisata sejarah, maka Museum Benteng Vredeburg merupakan tempat yang cocok untuk mengisi waktu liburanmu. Disini kamu akan disajikan dengan koleksi diorama-diorama yang mengisahkan tentang sejarah Indonesia mulai dari Perang Diponegoro hingga masa Orde Baru. Selain itu kamu juga bisa menemukan koleksi benda-benda bersejarah lainnya di museum ini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan benteng yang merupakan bagian dari sejarah Indonesia ini. Benteng yang berusia kurang lebih 250 tahun ini, memiliki keindahan arsitektur dibeberapa bagian yang mengadopsi gaya arsitektur Eropa seperti Portugis dan Belanda. Walaupun sempat diguncang gempa dan rusak akibat serangan musuh, Benteng Vredeburg tetap berdiri kokoh dan menjadi salah satu ikon Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Daya Tarik Museum Benteng Vredeburg

Selain berwisata sejarah dan nonton film, kamu juga bisa berburu foto di Museum Benteng Vredeburg. Di museum ini, terdapat objek-objek menarik yang bisa kamu bidik dengan kamera foto. Bangunan-bangunan kuno dengan nilai historis tinggi tentu merupakan salah satu objek yang harus kamu abadikan. Bernarsis ria di Benteng Vredeburg juga tak ada salahnya, dengan background bangunan berarsitektur khas Eropa tentu akan menjadikan fotomu terkesan klasik dan anti mainstream. Banyak pula pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai backgroud untuk berfoto prewedding, tak aneh memang mengingat Benteng Vredeburg memiliki pesona yang sulit untuk diingkari.

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg dibuka untuk umum pada hari Selasa – Kamis mulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB. Sedangkan pada hari Jum’at dan Sabtu buka pukul 07.30 – 16.30 WIB. Namun museum tidak buka pada hari Senin dan hari libur nasional kecuali pada Hari Raya Idul Fitri. Untuk memasuki museum, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000 per orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya lebih tinggi yaitu Rp. 10.000. Jika datang dengan rombongan, pengelola akan memberi diskon sebesar 50% untuk rombongan minimal 20 orang.

Source https://www.tempat.co.id https://www.tempat.co.id/wisata/Museum-Benteng-Vredeburg
Comments
Loading...