Obyek Wisata Sejarah Museum Anjuk Ladang Nganjuk

0 174

Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang merupakan salah satu wisata sejarah dimana di dalamnya terdapat mengoleksi benda-benda bersejarah yang berupa prasasti, arca dll. Terletak 100 m sebelah timur terminal kota Kabupaten Nganjuk. Museum ini terbagi beberapa bagian bangunan, bagian depan berbentuk Joglo tempat penyimpanan prasasti Anjuk Ladang, bangunan tengah atau induk penyimpan arca-arca, benda-benda bersejarah lainnya, seperti guci, mangkok, wayang kulit, genta, topeng dan sebagainya. Museum dibuka untuk umum, setiap hari kerja mulai jam 07.00 s/d 12.00 jam.

Lokasi Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang Terletak di Desa Bajulan Kecamatan Loceret, lebih kurang 20 km arah selatan Kota Nganjuk. Di desa ini juga berdiri “Monument Jenderal Sudirman”. Monumen didirikan sebagai tanda bahwa di Desa Bajulan ini pernah disinggahi Panglima Besar Jenderal Sudirman selama 9 hari dalam rute perjalanannya memimpin perang gerilya melawan belanda pada tahun 1949. Lebih kurang 3 km dari monument ini ke arah selatan kita dapati padepokan yang sekarang dijadikan museum, juga tempat wudlu dan tempat perundingan serta tempat sholat yang pernah beliau pakai selama tinggal di Desa Bajulan.

Daya Tarik Museum Anjuk Ladang

Walaupun wilayah obyek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan wisata alam, anda masih bisa menyalurkan hobi fotografi anda dengan memanfaatkan pemandangan dari berbagai benda-benda bersejarah seperti arca-arca yang terbuat dari batu, dan boneka Lara Bengok.

Ada juga spot menarik favorit pengunjung yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto anda bersama teman-teman anda atau keluarga, yaitu di depan fosil-fosil hewan kuno di sana. Jika anda sudah puas mendapatkan banyak foto, anda bisa mengunggahnya di berbagai media sosial yang anda punya. Dengan begitu anda bisa membantu untuk lebih memperkenalkan obyek wisata sejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk datang.

Source https://jawatimuran1.wordpress.com https://jawatimuran1.wordpress.com/2013/07/25/museum-anjuk-ladang-kabupaten-nganjuk/
Comments
Loading...