Obyek Wisata Sejarah Monumen Wisata Kediri Syu di Kediri

0 194

Monumen Wisata Kediri Syu

Monumen wisata Kediri Syu merupakan salah satu wisata sejarah yang  ada di suatu bundaran kecil di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur, di depan sisa Rumah Dinas Residen Kediri Yang kami kunjungi lebih dari satu selagi di awalnya. Monumen Kediri Syu berwujud suatu patung pria mempunyai ukuran besar yang memakai seragam style tentara Jepang, dan seekor burung garuda dengan sayap terkembang bertengger tak jauh di atasnya.

Syu yaitu sebagai wujud pemerintahan paling tinggi di Jawa satu tingkat karesidenan yang difungsikan semasa pendudukan balatentara Jepang di Indonesia, sepanjang berlangsungnya Perang Pasifik.

Inilah Monumen wisata Kediri Syu. Patung pria yang memakai seragam PETA (Pembela Tanah Air) berwarna kuning keemasan itu berdiri tegak serta gagah, dengan pestol di pinggang serta dengan tangan kanan mengembang ke samping memegang sebilah keris lekuk tiga yang terhunus miring di depan dada. Monumen Kediri Syu ini kelihatannya benar-benar di buat untuk mengenang kembali kehadiran serta jasa-jasa pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang ada di lokasi Karesidenan Kediri di masa Jepang serta pada selagi revolusi fisik tetap berjalan.

 Di latar belakang yaitu Gereja Merah (Gereja Protestan Barat) Kediri, suatu Benda Cagar Budaya Kota Kediri. Nama asli bangunan ini adalahKerkeeraad Der Protestanche Te Kediri, yang di bangun oleh Pendeta JA Broers pada th. 1904. Gereja ini menaruh kitab injil berbahasa Belanda yang diciptakan pada th. 1867.Diantara pojok wisata Kediri Taman Sekartaji, yang ada di segi jalan, di seberang Monumen wisata Kediri Syu. Taman ini cukup asri serta menyejukkan pandangan buat beberapa pejalan yang melalui di depannya.  Kota Kediri yang cukup panas kelihatannya perlu tambah banyak taman-taman kota seperti Taman Sekartaji ini. Suatu kafe dengan beberapa tempat duduknya ada diluar, dibawah payung-payung terpal, bisa saja butuh di bangun disini, dengan panorama ke arah Monumen Kediri Syu.

Bisa saja saja saya tak menemukannya, tapi suatu prasasti butuh di buat di kurang lebih Monumen Kediri Syu ini, yang berisi tulisan di isi histori singkat Kediri Syu, yamg terdiri dalam Daidan I di Tulungagung, Daidan II di Blitar, serta Daidan III di Kediri. Keindahan serta jiwa suatu kota benar-benar tak diukur dari jumlah serta kemegahan mal dan bangunan moderen yang ada di kota itu, tapi pada karya seni, benda, bangunan serta monumen bersejarah sama dengan ini yang bikin penduduknya selamanya ingat pada akar histori serta budayanya, serta berikan kekhasan buat beberapa pejalan yang tidak mereka temukan di tempat-tempat lain yang sempat serta dapat dikunjungi.

Source http://lindacristal28.wixsite.com http://lindacristal28.wixsite.com/wisatakediri/single-post/2014/07/18/Monumen-Syu-Wisata-di-Kediri
Comments
Loading...