Obyek Wisata Sejarah Monumen Nasional di Jakarta

0 20

Monumen Nasional

Monumen Nasional atau sering disebut dengan Monas, adalah monumen setinggi 132 meter yang menjadi simbol kejayaan Negara Indonesia. Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, memelopori pembangunannya pada tahun 1961. Lokasinya berada tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, di seberang Istana Negara, Jakarta Pusat, dan dibuka untuk umum sejak 12 Juli 1975. Objek wisata sejarah yang satu ini beroperasi mulai pukul 08.00 – 15.00 setiap hari, kecuali Hari Senin terakhir pada setiap bulannya.

Lokasi Monas paling mudah dijangkau dengan menggunakan KRL. Jika datang dari arah Bekasi, Bogor, Depok, atau Tangerang, Anda perlu melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Gondangdia. Jarak Monas dari stasiun ini hanya sekitar 1 kilometer. Sedangkan untuk pengguna Transjakarta, pastikan bus yang Anda tumpangi melewati halte Central Harmony karena jalur tersebut pasti akan berhenti sejenak di Halte Monas.

Monas terbagi atas beberapa area, yaitu halaman depan, bagian dalam, dan puncak monumen. Halaman depannya berhiaskan relief-relief sejarah Indonesia. Di bagian dalam terdapat Museum Sejarah Indonesia, yang juga berisikan diorama tentang perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. Kemudian ada Ruang Kemerdekaan, yaitu ruangan berbentuk amphitheatre yang dihiasi lambang Garuda Pancasila berlapis emas dan naskah asli Teks Proklamasi pada dindingnya.

Area terakhir adalah pelataran puncak yang paling diminati pengunjung. Saat berada di atas, Anda bisa menyaksikan pemandangan luasnya Kota Jakarta. Di sini juga terdapat Api Kemerdekaan, yaitu nyala obor yang terbuat dari perunggu berlapis emas setinggi 14 meter. Konon jika dilihat dari kantor presiden, lidah api ini tampak menyerupai seorang wanita sedang duduk bersimpuh.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/central-jakarta-102899
Comments
Loading...