Obyek Wisata Sejarah Gua Selomangleng Kediri

0 139

Gua Selomangleng

Wisata Tulungagung Jawa Timur juga termasuk Goa Selomangleng. Goa ini berada di dua tempat, yaitu Kediri serta Tulungagung. Konon, goa ini telah berdiri sejak zaman Airlangga. Goa ini terletak di Desa Sanggrahan dan letaknya sendiri cukup terpencil. Di goa ini terdapat dua ceruk, di mana masing-masing menghadap ke arah barat serta selatan.

Gua Selomangleng Kediri. merupakan salah satu wisata edukasi hingga wisata sejarah bisa ditemukan ketika mengunjungi Kediri. Menyebut kediri tentu tidak lepas dari Legenda Gunung Kelud dimana asal usulnya menceritakan tentang penolakan seorang putri cantik Kerajaan Kediri terhadap Lembu Suro. Sosok putri ini sangat sering didengar dengan nama Dewi Kilisuci. Gua Selomangleng adalah situs gua yang diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat pertapaan sekaligus petilasan Dewi Kilisuci. Bentuk gua yang unik bercampur nuansa sejarah ini menjadi tempat wisata di Kediri yang wajib untuk dikunjungi.

Akses Gua Selomangleng

Gua Selomangleng berada di Jl. Mastrip no 1, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Lokasi tempat wisata di Kediri ini bersebelahan dengan Museum Airlangga dan bersebelahan dengan Bukit Maskumambang, salah satu wisata ziarah di Kediri yang terdapat makam Maling Gentiri. Rute jalan yang sudah jelas dan akses jalan mudah dilalui untuk kendaraaan roda dua maupun roda 4.

Keunikan Gua Selomangleng

Gua Selomangleng memiliki dua pintu berbentuk lingkaran yang berada di lereng Gunung Klotok. Untuk masuk ke pintu gua cukup menapaki jalan batu yang mengantar sampai ke mulut gua. Dari kejauhan, mulut Gua Selomangleng memang sangat mengundang rasa penasaran dengan apa yang ada di dalam. Pintu gua yang tampak gelap itu masih menyisakan patung-patung arca serta bebatuan bekas reruntuhan gapura. Mendekati mulut gua, ukiran relief di dinding gua jelas terlihat.

Arca Dwarapala dengan bentuk yang sudah rusak diletakkan di tengah undakan sebelum mulut gua. Gua Selomangleng yang sisi dalamnya melengkung ini terbentuk dari batuan andesit hitam sehingga menjadikannya kedap air. Gua ini memiliki dua ruangan utama di tepat di depan mulut gua, dimana di sisi kanan dan kirinya terdapat ruangan yang lebih kecil dan gelap, bahkan tidak terlihat jika tidak dibantu dengan penerangan. Dari ruang utama ke sisi ruang yang lain dihubungkan oleh rongga di kanan dan kiri ruangan utama. Di atap-atap gua ini tidak terdapat stalagtit maupun stalakmit seperti gua-gua pada umumnya.

Source http://www.manusialembah.com http://www.manusialembah.com/2016/10/gua-selomangleng-kediri.html
Comments
Loading...