Obyek Wisata Sejarah Goa Sriti Kulon Progo Yogyakarta

0 156

Goa Sriti

Goa Sriti merupakan saksi bisa perjuangan para pahlawan yang dijadikan sebagai tempat wisata. Goa Sriti termasuk dalam kategori wisata sejarah. Tempat ini dulunya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro. Goa ini dulunya dibuat Pangeran Dipenogoro sebagai lokasi taktik grilya dan persembunyian untuk melawan penjajahan kolonial Belanda. Pangeran Dipenegoro adalah pangeran yang memimping perlawan terhadap penjajahan Belanda pada tahun 1825-1930 yang dikenal dengan nama Perang Dipenogoro.

Keindahan Goa Sriti

Goa Sriti ternyata juga sebagai saksi bisu tempat dilantiknya Pangeran Diponegoro menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa disingkat menjadi Abdul Hamid. Keindahan Goa Sriti tak kalah dengan keindahan goa-goa lainnya seperti Goa Pindul, Goa Jomblang dll. Goa Sriti juga ada stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa. Anda dapat susur goa disini dengan jasa pemandu dan juru kunci yang akan menjelaskan segala seluk beluk yang ada di Goa Sriti ini.

Akses Menuju Goa Sriti

Tidak dapat dipungkiri wisata ini masih sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan para wisatawan saat ini lebih menyukai wisata yang unik dan berbagai macam wahana. Pengunjung yang datang ke wisata ini biasanya boleh dikatakan bagi orang yang mencintai ilmu sejarah. Lokasi Goa Sriti ini berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Goa Sriti dari Jogja Kota kurang lebih 30 km, dapat ditempuh sekitar 1,5 km jam perjalanan menggunakan motor. Untuk menuju lokasi wisata ini sangat disarankan menggunakan sepeda motor. Mengingat akses yang terbilang kurang baik.

Source https://eksotisjogja.blogspot.co.id https://eksotisjogja.blogspot.co.id/2017/10/wiasata-goa-sriti-kulonprogo-yogyakarta.html
Comments
Loading...