Obyek Wisata Sejarah Goa Selomangleng di Kediri

0 63

Goa Selomangleng

Goa Selomangleng ini merupakan sebuah objek wisata Goa yang berada tepatnya di kota Kediri. Goa Selomangleng ini terletak di daerah gunung klotok atau sekitar 3,5 kilometer jika ditempuh dari pusat kota kediri tepatnya di Jl Mastrip No 1, Mojoroto, Kediri,Jawa Timur. Nah,  nama Goa Selomangleng ini sendiri diambil dari kata selo yang berarti Batu, sedangkan Mangleng ini sedniri berarti Miring, jadi selomangleng ini berarti Batu yang kedudukannya miring jika dilihat dari permukaan tanah, karena memang letak dari Goa Selomangleng ini sendiri berada di Kaki Gunung Klotok.

Keunikan yang dimiliki dari Goa Selomangleng ini adalah adanya banyak sekali Bongkahan batu yang seolah olah berserakan dan diantara batu tersebut ada yang sudah pernah dipahat sebelumnya, dan di bagian luar dari goa ini juga ada berbagai seni relief yang menghiasi. suasana dari goa ini yang sangat gelap gulita bila pengunjung memasuki area goa dan juga pengunjung yang datang pastinya akan mencium aroma dupa yang cukup menyengat di hidung anda.

Masih di sekitar Kawasan wisata Goa Selomangleng ini, ternyata pemerintah yang ada di kota kediri ini juga telah membangun Museum Airlangga yang kebanyakan dilokasi museum ini tersimpan sejumlah benda purbakala peninggalan yang katanya merupakan benda yang digunakan pada masa pemerintahan kerajaaan Kediri.

Kawasan Objek wisata Goa Selomangleng saat ini telah dikembangkan oleh peerintah yang ada di kota kediri sebagai wisata keluarga, di sekitar goa Selomangleng ini ternyata juga ada beberapa fasilitas yang sangat lengkap dan syarat dengan tempat wisata diantaranya adalah Kolam pemandian, lalu pengunjung akan dikenai tarif lagi apabila mandi di pemandian tersebut, biaya mandi di kolam renang ini pun juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp.4000. Fasilitas pada kolam renang yang ada disini juga terdapat dikhususkan kolam yang di peruntukkan untuk anak-anak.

Rute Menuju Goa Selomangleng

Untuk bisa menuju kawasan objek wisata Goa Selomangleng ini, dan apabila pengunjung datang dari alun alun kota Kediri, maka pengunjung pengunjung pun bisa langsung menuju ke arah barat yaitu melewati Jembatan dari Sungai Brantas untuk lurus terus sampai ke Terminal Kediri nah dari terminal Kediri ini maka anda pun harus belok ke kanan dan setelah itu anda akan sampai di perempatan Sukorame dari sini anda langsung saja belok kea rah kiri setelah itu langsung lurus saja, nah maka pengunjung bisa langsung sampai di kawasan dari wisata Goa selomangleng ini dengan jarak sekitar 2 Kilometer.

Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng

Tiket masuk Goa Selomangleng yaitu sebesar Rp.4000 untuk satu orang dewasa dan Rp 2500 untuk anak anak. menurut pengunjung Goa Selomangleng sebenarnya dulu untuk masuk ke Lokasi Kawasan wisata tidak di pungut biaya alias gratis, tapi saat kami mengunjungi objek wisata tersebut,kami diharuskan membayar tiket masuk.

Source http://webwisataterbaru.blogspot.co.id http://webwisataterbaru.blogspot.co.id/2016/12/lokasi-wisata-goa-selomangleng-kota.html
Comments
Loading...