Obyek Wisata Sejarah Goa Luweng Ombo di Pacitan

0 187

Luweng Ombo

Luweng Ombo adalah sebuah tempat wisata yang mempunyai letak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Anda yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan alam atau mempunyai teman pecinta alam pasti akan suka dengan tempat yang satu ini.

Luweng Ombo sudah sering menjadi incaran para wisatawan pecinta alam karena fenomenanya yang menarik. Luweng Ombo adalah lubang yang sangat besar, jika anda berdiri di pinggir lubang itu anda bisa melihat goa vertikal yang memiliki kedalaman sekitar 130 meter dan diameter mulut goa 50 meter. Semakin ke bawah diameternya semakin melebar lagi mencapai di sekitar 170 meter.

Luweng Ombo terbentuk karena Collapse Sink atau runtuhnya atap goa karena erosi pada dinding batu kapur akibat proses kimiawi. Teori ini bisa dibuktikan dengan adanya material runtuhan yang masih banyak dijumpai di dasar Luweng Ombo yang membentuk sebuah bukit kecil. Dari hal ini bisa disimpulkan bahwa Luweng Ombo awalnya bukanlah goa vertikal, namun sebuah goa horisontal atau sungai bawah tanah yang mengalami Collapse Sink.

Sedangkan dari sisi geologi, Luweng Ombo terbentuk dari pengangkatan batu gamping dari dasar laut sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Berdasarkan keunikan geologinya Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite dari Geopark Gunung Sewu area Pacitan. Jika anda berhasil mencapai dasar dari Luweng Ombo, anda akan merasa seakan-akan berada di dunia tersendiri karena terbatasnya matahari membuat dasar goa terasa lembab dan pertumbuhan vegetasinya juga berbeda dengan yang ada di atas goa.

Akses Menuju Luweng Ombo

Untuk menuju Luweng Ombo akses paling mudah adalah dari ruas jalan Pacitan- Yogya. Jika dari arah Pacitan, sesampainya di pertigaan Bleruk (persimpangan jalan Pacitan-Solo dengan Pacitan –Yogya) belok kiri mengikuti jalur ke Yogya. Nanti ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Kalak. Ikuti sesuai penunjuk arah tersebut  sampai ketemu gapura Desa kalak. Nah dari gapura ini sekitar 200 meter sampailah di lokasi Gua Luweng Ombo. Letak guanya hanya sekitar 20 meter dari jalan.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Luweng-Ombo
Comments
Loading...