Obyek Wisata Sejarah Goa Kasah, Kerinci

0 45

Goa Kasah

Goa Kasah merupakan habitat kelelawar dari berbagai jenis burung. Gua ini terletak pada ketinggian 1.400 mdpl dengan ukuran ruang utama gua adalah 15m X 8m dan tinggi 15 m, kegiatan yang dapat dilakukan seperti photo hunting, camping dan pengamatan satwa. Dengan menempuh perjalanan lebih kurang 2 3 jam dari pinggir rawa bento. Gua Kasah ini dikenal oleh masyarakat setempat sebagai gua peninggalan sejarah. Bukti dari sejarah tersebut pada bagian dinding gua terdiri dari batu alam dengan motif hiasan /ukiran yang berbentuk piramid dan beberapa obsidian.

 

Goa kasah merupakan goa yang ada di Kabupaten Kerinci, yang hingga saat ini masih menyimpan sejuta misteri, adalah Goa Kasah, yang berada di kawasan Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro. Goa tersebut berada dalam kawasan TNKS, yang diduga dulunya menjadi tempat hunian manusia purba. Untuk sampai ke goa tersebut, melalui Desa Sungai Sampun, Kecamatan Kayu Aro. Sesampai di desa tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan mengendarai sepeda motor selama 35 menit, melintasi Danau Bento, yang membentang luas hingga ke Desa Kasah.Di Desa Renah Kasah, perjalanan dilanjutkan berjalan kaki selama 35 menit, melintasi areal persawahan warga.

Sepanjang perjalanan, pandangan mata akan disuguhi tanaman padi payo, beras khas Kerinci. Perjalanan berikutnya menelusuri perkebunan warga, dengan hamparan pucuk kulit manis yang bewarna merah. Beberapa menit menapaki jalan tersebut, Goa Kasah yang berada di tebing bukit, siap menanti pengunjung yang ingin memasukinya.Pintumasuk ke goa berupa celah kecil yang dari batu, yang hanya berukuran sekitar satu meter. Agar bisa sampai ke dalam goa, pengunjung harus merangkak, melewati celah yang sempit.

Sebelum memasuki goa, pengunjung harus membawa alat penerangan, karena suasana di dalam goa gelap. Pengunjung, sebaiknya mengenakan alat pelindung kepala, dan sepatu yang tahan di semua medan.Goa kasah terdapat banyak jenis kelelawar,karna goa ini merupakan habitat kelelawar,ketika memasuki di dalam goa tersebut kita menemukan banyak kubangan atau kotoran kelelawar meskipun begitu kita akan takjub melihat ukiran2 zaman purba dulu,dan di ujung goa terdapat pintu yang berukuran yang tidak lebar sekitar sebesar badan orang dewasa.

Source https://kerincitraveling.wordpress.com https://kerincitraveling.wordpress.com/2017/08/25/goa-kasah/
Comments
Loading...