Obyek Wisata Sejarah Goa Gembul di Tuban

0 137

Goa Gembul

Goa Gembul merupakan salah satu wisata sejarah dimana tempat petilasan ulama’ termashyur ditanah jawa yaitu wali songo. Menurut juru kunci goa itu merupakan tempat berkumpulnya Wali Songo sebagai tempat rapat dalam pembahasan strategi syiar Sgama Islam ditanah jawa, salah satunya dalam pendirian Kerajaan Demak.

Telah banyak kita ketahui setiap petilasan waliyullah yang diketahui sampai saat ini biasanya selalu dikeramatkan sehingga Goa Gembul ini bernuansa mistis. Tempatnya yang berada di pedesaan serta nuansa mistik yang sudah terpatri dilingkungan masyarakat sekitar menjadikan Gembul memiliki nilai lebih dalam hal eksotisme alam.

Lokasi tersebut memang sangat cocok dijadikan media meditasi. Telah banyak Berbagai kalangan mengunjungi tempat tersebut mulai dari kalangan pelajar/komunitas sebagai tempat acara kemah, Serta orang-orang yang berziarah dan bertawassul ke waliyullah, dan sekedar berkunjung menikmati alam. Goa Gembul merupakan balutan alam terdiri dari tebing batu kapur, pepohonan yang rindang, serta sungai yang mengalir dibawahnya. Selain itu di tempat ini juga terdapat kolonial Kera. Jenis kera itu sama dengan yang ada di Pemandian Bekti Harjo, Hanya saja diBekti Harjo tidak berkolonial sedangkan ditempat ini berkolonial.

Goa Gembul berlokasi di Desa Jadi Kecamatan Semanding arah barat daya dari pusat kota Tuban. Apabila anda dari kota (arah utara) anda akan melewati Desa Boto yang juga terdapat eksotisme alam berupa krawak (air terjun kecil) yaitu Wisata Banyu Langse. Karena “Gembul” keramat buat anda kaum hawa yang datang bulan dilarang berkunjung tempat ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Meskipun tempat tersebut dikatan petilasan Wali Songo namun ada juga orang-orang etnis china yang sering berziarah ketempat itu. Jadi anda jangan kaget, karena setiap makam dan petilasan waliyullah pasti dijaga makhluk dari dunia lain seperti halnya jin dan makhluk lainya. Bangsa Jin sama seperti manusia ada jin islam dan non muslim ada jin baik dan jin jahat yang akan menggoda akidah kita. Jadi buat anda yang berkunjung ketempat tersebut tetap jaga kidah kita karena hanya pada Tuhan (ALLAH) lah tempat kita berdo’a memohon permintaan.

Source http://gotuban.blogspot.co.id http://gotuban.blogspot.co.id/2016/11/eksotisme-alam-spiritual-goa-gembul-tuban.html
Comments
Loading...