Obyek Wisata Sejarah Gedung Candra Naya di Jakarta

0 166

Gedung Candra Naya

Gedung Candra Naya ini merupakan cagar budaya yang terbilang unik dan merupakan peninggalan seorang mayor berdarah Tionghoa. Alamatnya ada di Jalan Gajah Mada No. 188, Jakarta Barat, tetapi letaknya tidak persis di pinggir jalan raya. Lokasinya berada di dalam komplek superblok yang terdiri dari hotel dan pusat pebelanjaan. 

Pemilik awal dari Gedung Candra Naya ini adalah Mayor Khouw Kim An, seorang mayor Tionghoa terakhir di Batavia. Gedung dengan arsitektur Tionghoa yang khas ini berdiri di lahan seluas 2.250 m2. Bangunan Gedung Candra Naya terdiri dari ruangan umum untuk menerima tamu, ruangan semi pribadi, ruangan pribadi, ruangan pelayan, dan halaman.

Desain atap melengkung dan kedua ujungnya terbelah dua milik gedung ini merupakan salah satu gaya khas bangunan Tionghoa yang disebut “Yanwei” atau ekor walet.

Awalnya, pemilik gedung yang baru berencana untuk merelokasikan gedung ini ke TMII, tetapi ide tersebut ditentang keras oleh Gubernur Sutiyoso dan para komunitas pencinta bangunan tua. Gedung Candra Naya beroperasi mulai pukul 08:00 hingga pukul 15:00.

Source https://www.traveloka.com https://www.traveloka.com/activities/indonesia/city/west-jakarta-103066
Comments
Loading...