Obyek Wisata Sejarah Candi Penampihan di Tulungangng

0 149

Candi Penampihan

Candi Penampihan merupakan salah satu wisata sejarah sebagai destinasi wisata yang memiliki nilai historis, Candi Penampihan menjadi terasa sangat istimewa karena letaknya di areal perkebunan teh. Selain udara segar dari lereng Gunung Wilis, kastil-kastil kecil di tempat ini membuat liburan kita semakin berkesan.

Candi Penampihan terletak dilereng Gunung Wilis, Dusun Turi Desa Geger kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung merupakan candi Hindu kuno peninggalan kerajaan Mataram kuno dibangun pada tahun saka 820 atau 898 Masehi. Arti penampehan itu sendiri konon berasal dari Bahasa Jawa yang berarti antara penolakan dan penerimaan yang bersyarat.

Candi penampihan merupakan candi pemujaan dengan tiga tahapan (teras) yang dipersembahkan untuk memuja Dewa Siwa, dimana konon peresmian candi ini dengan mengadakan pagelaran Wayang (ringgit). Didalam kompleks candi terdapat beberapa Arca yaitu Arca Siwa dan Dwarapala serta sebuah prasasti kuno yaitu Prasasti Tinulat tertulis dengan huruf Pallawa dengan stempel berbentuk lingkaran dibagian atas prasasti.

Sejarah Candi Penampihan

Candi ini merupakan salah satu peninggalan candi Hindu kuno dari kerajaan Mataram Menurut sejarah, candi Penampihan dibangun pada tahun Saka 820 atau 898 Masehi dengan bentuk bangunan yang di khususkan untuk pemujaan Dewa Siwa, dengan tiga tahapan atau teras. Dalam bahasa Jawa, Penampihan berarti penolakan dan penerimaan yang bersyarat. Lepas dari masa kerajaan Mataram kuno, candi ini serasa menjadi saksi bisu pergolakan yang terjadi di bumi Nusantara dan menjadi tempat pemujaan dari masa kerajaan Mataram Kuno, Kediri, Singosari hingga Majapahit di abad sekitar 9 – 14 Masehi.

Legenda Candi Penampihan

Candi Penampihan dulunya menjadi tempat pemujaan mulai era Mataram Hindu, Singosari, Kediri hingga Majapahit. Di prasasti tersebut tercatat juga nama Wilis yang kemudian dikenal menjadi nama gunung ini. Wilis sendiri artinya hijau, subur. Konon menurut legenda, Gunung Wilis  merupakan gunung yang aktif. Karena terjadi Samudra Mertana atau pemutaran Air Samudera akhirnya terjadi perpindahan dan memunculkan banyak sumber air yang meredam aktifitas gunung sehingga sekarang Wilis tak lagi aktif.

Source https://nusantaranews.co https://nusantaranews.co/candi-penampihan-suguhkan-pemandangan-yang-elok/
Comments
Loading...