Obyek Wisata Sejarah Candi Mleri di Blitar Jawa Timur

0 201

Candi Mleri

Candi Mleri merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Gunung Pegat yang ada di KecamatanSrengat. Mleri sendiri memiliki arti tempat peristirahatan. Candi ini juga biasa disebut Kekunaan Mleri karena kondisinya yang terkesan sudah kuno. Candi ini banyak dikunjungi oleh peziarah maupun pelajar yang ingin mencari informasi lebih mengenai Candi Mleri.

Keberadaa Candi Mleri sudah diketahui sejak tahun 1012 Masehi. Candi ini merupakan candi makam peninggalan Kerajaan Majapahit yang ditandai dengan adanya tanaman Maja di depan area Candi Mleri. Di dalam kompleks candi terdapat 6 makam yang terdiri dari makam Raja dan Ratu Singosari serta para prajuritnya. Makam utama terletak di sebuah rumahkecil yang terdiri dari dua makam, yaitu makam Raja dan Ratu Singosari. Candi ini diresmikan Pemerintah Provinsi sekitar tahun 1978. Keadaan di candi inicukup bersih, dengan dikelilingi beberapa pohon besars eperti pohonMaja dan pohon sawo.

Akses Menuju Candi Mleri

Untuk menuju lokasi cukup mudah. Apabila kita dari arah timur atau Kota Blitar, sampai perempatan Poluhan, kita terus menuju ke barat. Lalu terdapat perempatan pertama di sebelah barat SMA 1 Srengat kita belok ke kanan. Setelah terdapat perempatan kita bisa mengambil arah ke kiri sampai terdapat musholla. Sampailah kita di Candi Mleri yang terdapat di sebelah barat musholla. Selain itu kita bias mengambil arah dari perempatan Poluwan terus ke barat hingga terdapa tperempatan kedua yang biasa disebut Perempatan Eko Karyo oleh penduduk sekitar. Dari perempatan tersebut, kita mengambil arah ke kanan. Kemudian sampai di perempatan pertama belok ke kanan. Kemudian terdapat perempatan lagi, kita belok kiri menuju areal persawahan. Jalan di sekitar persawahan ini belum beraspal sehingga berdebu dan kita harus berhati-hati. Sampai ada pertigaan, belok ke kanan kurang lebih 300 meter. Sampailah kita di depan Candi Mleri.

Keindahan Candi Mleri

Untuk masuk ke Candi Mleri pengunjung tidak dipungut biaya, pengunjung hanya diminta mengisi buku tamu. Kompleks candi ini memang tertutup, sehingga sebelum masuk ke areal Candi Mleri ini, pengunjung harus mengunjungi rumah juru pemelihara (jupel) di sekitar Candi Mleri ini untuk mengisi buku tamu. Setelah itu, baru pengunjung dibukakan pintu untuk masuk ke candi tersebut. Untuk masuk ke dalam candi ini,  pengunjung akan di damping oleh seorang jupel. Jupel sendiri merupakan masyarakat yang tinggal di sekitar candi tersebut danposisi ini diwariskan secara turun temurun Di depan area Candi Mleri terdapat pohon Maja yang memiliki buah berbentuk bulat berwarna hijau dan berukuran sebesar buah kelapa. Buahnya memang tidak bias dimakan, namun menurut jupel Candi Mleri, buah ini bias disuling menjadi minyak dan dapat dijadikan obat berbagai penyakit.

Source http://smpn1srengat-kabblitar.blogspot.co.id http://smpn1srengat-kabblitar.blogspot.co.id/2015/08/kekunoan-candi-mleri.html
Comments
Loading...