Obyek Wisata Sejarah Candi Kalasan di Sleman

0 17

Candi Kalasan

Candi Kalasan atau dikenal juga dengan sebutan Candi Kalibening yang menjadi tempat wisata sejarah yang dikenal sebagai Candi Budha tertua ada di Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun di 777 atau 778 Masehi oleh Rakai Panangkaran dari dinasti Syailendra.

Berdasarkan prasasti Kalasan tanggal 778 masehi, bangunan candi Kalasan yang ditujukan untuk menghormati Bodhisattvadevi yang juga dikenal sebagai Dewi Tara. Selain membangun Candi Kalasan, Rakai Panangkaran juga membangun sebuah biara digunakan untuk para biksu dari dinasti Syailendra. Biara yang disebutkan dalam prasasti Kalasan diyakini adalah Candi Sari yang terletak 300 meter dari Candi Kalasan.

Lokasi Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening sub, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 50 meteran di sebelah selatan jalan raya Yogya – Solo. Itu adalah sekitar 15 Km dari Yogyakarta atau 2 Km di sebelah barat Candi Prambanan.

Keunikan Candi Kalasan

Candi Kalasan terkenal dikenal sebagai candi dengan ornamen indah dan detail. Keistimewaan candi terletak pada penggunaan getah tumbuhan tertentu sebagai pelapis untuk ornamen dan relief peta di dinding luar. Candi ini terletak di atas pondasi persegi 45 × 45 meter. Memiliki 34 meter tinggi total dan dibagi menjadi tiga tingkatan dasar, tubuh dan mahkota. Candi ini terdiri dari 1 kamar utama dan empat kamar anak perusahaan di setiap sisi.

Candi ini memiliki empat tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kala Makara. Sementara ceruk di pintu masuk yang dihiasi dengan sosok dewa yang memegang bunga teratai. Mahkota candi adalah atap berbentuk segi delapan dan dibagi menjadi tiga tingkatan. Tingkat terendah dihiasi dengan status Bodhisattva duduk di teratai. Bagian tengah berisi patung Buddha Dhyani diapit oleh dua Bodhisattva. Bagian tertinggi dari mahkota juga dihiasi dengan relung 8 dimahkotai dengan dagoba tunggal yang besar  Candi ini menghadap ke timur. Ruang timur juga melayani akses ke ruang utama candi. Di ruang utama candi adalah alas lotus dan tahta dengan makara, singa dan gajah angka. Menurut prasasti Kalasan, tahta sekali ditempatkan patung besar Bodhisattvadevi. Patung ini diperkirakan dalam posisi duduk dan terbuat dari perunggu.

Rute Menuju Candi Kalasan

Dengan transportasi umum : Ambil rute bus umum Yogya -Solo dari Janti dan berhenti di sisi sisi jalan. Lanjutkan dengan berjalan ke kuil. Dengan kendaraan pribadi : Berangkat dari Yogyakarta, kepala ke arah timur dan mengambil rute ke Candi Prambanan. Perhatikan tanda jalan yang menunjukkan arah ke Candi Kalasan. Ketika Anda menemukannya, membuat berbelok ke kiri dan kepala ke utara sampai Anda menemukan candi.

Source http://www.yogyakarta.co http://www.yogyakarta.co/candi-kalasan/
Comments
Loading...