Obyek Wisata Sejarah Candi Jiwa di Karawang

0 141

Candi Jiwa

Candi Jiwa merupakan salah satu wisata sejarah lainnya di Karawang adalah Candi Jiwa. Candi Jiwa berlokasi di kompleks percandian Batujaya atau kompleks sisa-sisa percandian Buddha kuno. Lebih tepatnya Candi Jiwa terletak di Desa Segaran Kecamatan Batujaya dan Desa Tegaljaya Kecamatan Pakisjaya. Lokasi Candi Jiwa tidak jauh dari garis pantai utara Jawa Barat. Inilah beberapa keunikan dari tempat candi jiwa yang wajib anda ketahui sebagai berikut: Candi Jiwa mulai diteliti pada tahun 1922 berdasarkan laporan masyarakat. Di Kecamatan Batujaya terdapat benda-benda purbakala di sekitar gundukan-gundukan di tengah sawah. Oleh karenanya, Candi Jiwa berada di tengah sawah.

Keunikan Candi Jiwa

Candi ini berbentuk seperti padma atau bunga teratai. Di bagian tengahnya terdapat denah struktur melingkar yang nampak seperti bekas stupa atau lapik patung Buddha. Tidak seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan, di Candi Jiwa tidak ada tangga. Para peneliti berpendapat bahwa bentuk candi ini menunjukkan patung Buddha yang berada di atas bunga teratai yang mekar dan terapung di permukaan air. Bentuk ini berbeda dari kebanyakan candi di Indonesia. selain itu, Candi Jiwa tidak dibuat dengan batu namun dengan lempengan batu bata.

Nama Lain Candi Jiwa

Nama Jiwa berasal dari sifat unur atau gundukan tanah tempat candi berdiri yang dianggap mempunyai “jiwa”. Masyarakat pernah beberapa kali meletakkan kambing yang diikat di atas candi lalu mati. Kata “jiwa” juga cukup dekat dengan nama salah satu dewa Hindu yakni Dewa Syiwa. Dalam pelafalan aksen Sunda “Syiwa” menjadi “jiwa”. Karena lokasi Candi Jiwa yang berada di tengah sawah, anda akan merasakan suasana sejuk dan damai di sekitar candi. Cobalah untuk kesana di sore hari. Anda akan dapat menikmati candi bersamaan dengan jingganya langit sore. Untuk memasuki situs percandian Batujaya, anda akan dikenakan biaya tiket masuk Rp 10.000.

Source https://tempatwisataunik.com https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-barat/tempat-wisata-di-karawang
Comments
Loading...